MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU DAYA SAING PENDIDIKAN DI SDN ALASTUWO 1 KECAMATAN PONCOL KABUPATEN MAGETAN

Febrianie, Maya Dwi (2023) MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU DAYA SAING PENDIDIKAN DI SDN ALASTUWO 1 KECAMATAN PONCOL KABUPATEN MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190045 MAYA DWI FEBRIANIE MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manajemen strategik memiliki peran dalam upaya meningkatkan mutu daya saing pendidikan di SDN Alastuwo 1. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perumusan strategik dalam meningkatkan mutu daya saing pendidikan di SDN Alastuwo 1, untuk mengetahui pelaksanaan strategik dalam meningkatkan mutu daya saing pendidikan di SDN Alastuwo 1, dan untuk mengetahui evaluasi strategik dalam meningkatkan mutu daya saing di SDN Alastuwo 1.
Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui perumusan strategik dalam meningkatkan mutu daya saing pendidikan di SDN Alastuwo 1 Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan dan untuk mengetahui pelaksanaan strategik dalam meningkatkan mutu daya saing pendidikan di SDN Alastuwo 1 Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan.
Penelitian ini menggunakan pendekatam kualitatif dengan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumtasi. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) perumusan strategik dalam meningkatkan mutu daya saing pendidikan di SDN Alastuwo 1 di awalai dengan perumusan visi, misi, tujuan, dan menganalisis kondisi lingkungan internal maupun kondisi lingkungan eksternal sekolah. (2) pelaksanaan strategik dalam meningkatkan mutu daya saing pendidikan di SDN Alastuwo 1 dilaksanakan melalui memotivasi para staff dewan guru dan karyawan, mengalokasi sumber daya manusia, serta mengembangkan budaya apa saja yang berada dalam lingkungan sekolah. (3) evaluasi strategik dalam meningkatkan mutu daya saing pendidikan di SDN Alastuwo 1 meliputi memonitor hasil perumusan dan pelaksanaan, melakukan kegiatan perbaikan, serta diadakannya rapat kerja yang meliputi kepala sekolah, para staff dewan guru, komite sekolah, dan perwakilan wali murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fuadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:45
Last Modified: 28 Nov 2023 01:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26513

Actions (login required)

View Item View Item