Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Remaja Di Desa Banjarsari Kulon Madiun

Aliyah, Aliyah (2023) Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Remaja Di Desa Banjarsari Kulon Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
303190025_Aliyah_BPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ALIYAH. 2023. Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Remaja Di Desa Banjarsari Kulon Madiun. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Pembimbing Fendi Krisna Rusdiana, M.Psi.
Kata kunci: media sosial, prestasi belajar, remaja
Media sosial adalah sebuah media online yang dapat mendukung hubungan atar individu dengan menggunakan teknologi berbasis web yang membuat perubahan komunikasi satu arah menjadi dialog interaktif. Penggunaan media sosial bagi remaja di Desa Banjarsari Kulon Madiun yang tinggi menyebabkan mereka mengalami penurunan prestasi belajar. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil ujian semester mengalami penurunan yang di bawah rata-rata.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Jenis penelitiannya adalah penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara, yang melibatkan empat remaja perempuan, usia 16-18 tahun dan pendidikan ada di Madrasah Aliyah Negeri 2 untuk tiga remaja S2, M dan A dan SMK 3 Kimia untuk remaja S1. Teknik pengolahan data pada penelitian ini dilakukan setelah data terkumpul atau kegiatan pengumpulan di lapangan dinyatakan selesai. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan temuan , dalam penelitian ini menggunakan metode perpanjangan waktu penelitian.
Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa perilaku yang tampak pada remaja ini seperti tidak suka sekali berinteraksi dengan orang banyak, lalu remaja ini sangatlah mengidolakan aktor dan aktris korea dengan mengikuti gaya penampilan seperti orang korea dan mereka ini asyik dalam berjoget tik-tok. Untuk perilaku tidak tampak remaja ini menunjukkan perilaku seperti berbagi melalui foto atau video di instagram dan membuat video reels instagram yang disandingkan dengan musik pilihan. Sedangkan prestasi belajar yang didapatkan remaja ini nilainya dibawah rata-rata atau tergolong rendah. Dampak yang media sosial ini membuat nilai prestasinya hampir semua dibawah kkm. Remaja pengguna media sosial mengalami kesulitan untuk lepas dari media sosial,menurunnya motivasi belajar. Bagi pecandu akan berpengaruh terhadap kehidupan pribadinya seperti: di sekolah mendapat tugas dari guru tidak langsung dikerjakan, mengganggu konsentrasi belajar saat di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fendi Krisna Rusdiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:44
Last Modified: 28 Nov 2023 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26512

Actions (login required)

View Item View Item