POLA KOMUNIKASI USTADZ DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SANTRI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) AL IKHLAS DEPOK JARAK SIMAN PONOROGO

Laili, Ulla Nissa Rohmatu (2023) POLA KOMUNIKASI USTADZ DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SANTRI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) AL IKHLAS DEPOK JARAK SIMAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ETHEESIS ULLA PDF.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Laili, Ulla Nissa Rohmatu. 2023. Pola Komunikasi Ustadz dalam Pembentukan Akhlak Santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al Ikhlas Depok Jarak Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Institut AgamaIslam Negeri Ponorogo. Pembimbing Andhita Risko Faristiana, M. A.
Kata Kunci: Pola Komunikasi, Pembentukan Akhlak, Santri.
Pola komunikasi merupakan bagian dari proses komunikasi, dimana proses komunikasi disini merupakan serangkaian dari aktivitas yang menyampaikan pesan hingga diperolehnya timbal balik. Proses komunikasi akan menimbulkan pola komunikasi yang dapat digunakan untuk mengembangkan interaksi antara ustadz dengan santrinya. Melalui pola komunikasi yang baik tentunya akan dapat memberikan respon yang sangat positif bagi pembentukan akhlak santri. Objek penelitian ini adalah ustadz dalam pembentukan akhlak santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al Ikhlas Depok Jarak Siman Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti merumuskan masalah bagaimana pola komunikasi ustadz dalam pembentukan akhlak santri di TPA Al Ikhlas serta bagaimana cara ustadz menangani hambatan komunikasi dalam pembentukan akhlak santri. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian melakukan proses pengolahan data dengan menganalisis data lapangan berdasarkan teori yang relevan mengenai pola komunikasi. Hasil yang didapatkan kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan pola komunikasi menggunakan teori Joseph A. DeVito yaitu pola komuniakasi primer, sekunder dan sirkular. Pola komunikasi yang digunakan oleh ustadz di TPA Al Ikhlas ada tiga jenis, yaitu pola komunikasi primer, sekunder dan sirkular. Namun dari ketiga pola tersebut yang paling dominan digunakan ustadz yakni pola komunikasi primer. Selanjutnya hambatan komunikasi yang dialami ustadz ada tiga jenis yaitu hambatan psikologis, hambatan sosiokultural dan hambatan non verbal. Cara menangani hambatan tersebut yaitu dengan cara melakukan pendekatan sensitif terhadap emosi santri, memberikan dialog antar budaya untuk membantu santri memahami dan menghormati keberagaman nilai, norma dan tradisi budaya sesama santri dengan masyarakat sekitar, cara mengatasi hambatan yang terakhir dengan memberikan pendidikan tentang ekspresi non verbal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Risko Faristiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:25
Last Modified: 28 Nov 2023 01:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26496

Actions (login required)

View Item View Item