STRATEGI PENYAJIAN BERITA PADA PORTAL KANAL INDONESIA

Warnatiani, Risda Fifian (2023) STRATEGI PENYAJIAN BERITA PADA PORTAL KANAL INDONESIA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ETHESIS RISDA FIFIAN WARNATIANI PDF.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Warnatiani, Risda Fifian.2023 Strategi Penyajian Berita pada Portal Kanal Indonesia. Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Andhita Risko Faristiana, M. A.

Kata Kunci: Penyajian Berita, Redaksi, Strategi

Dunia pada saat ini berkembang dengan pesat dan semakin maju. Perkembangan internet yang harus mengalami pembaruan tersebut membuat internet digunakan sebagai kebutuhan komunikasi dan informasi oleh penduduk. Sehingga membuat masyarakat menggeser aktifitas aktifitas yang dilakukan di dunia nyata, ke dunia maya melalui internet. Seperti yang diciptakan oleh Media Kanal Indonesia, intansi tersebut menggunakan media online untuk menyebarluaskan informasi dalam bentuk berita online. Dari paparan tersebut dapat ditarik rumusan masalah berupa untuk mengetahui adanya strategi penyajian berita pada Portal Kanal Indonesia.
Dalam penelitian ini, peneliti merumuskan masalah bagaimana tahapan strategi redaksi dalam menyajikan berita pada portal Kanal Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualititatif, dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah terkumpul, kemudia melakukan proses pengolahan data dengan menganalisis data lapangan berdasarkan teori yang relevan mengenai strategi berita. Hasil yang didapatkan kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tahap planning yang dilakukan Kanal Indonesia dengan merencakan strategi redaksi berdasarkan berbagai faktor, termasuk tren berita terkini, kepentingan audiens kami, dan tujuan jangka panjang. (2) Tahap Organizing yang dilakukan Kanal Indonesia terlihat dalam menentukan strategi redaksi melibatkan staf editorial, jurnalis, dan departemen lain. (3) Tahap Actuating yang dilakukan Kanal Indonesia yaitu dengan menyajikan berita berdasarkan pada analisis pasar, tren industri, dan riset konsumen. (4) tahap controlling yang dilakukan kanal indonesia yaitu dengan memastikan bahwa strategi redaksi dijalankan dengan baik juga mengawasi tim editorial dan memastikan bahwa berita yang kami sajikan sesuai dengan visi dan standar Kanal Indonesia. (5) Tahap Evaluation Kanal Indonesia dilakukan secara menyeluruh, melibatkan pengukuran KPI yang telah ditetapkan, analisis umpan balik pelanggan, dan pemantauan tren pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Risko Faristiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:23
Last Modified: 28 Nov 2023 01:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26494

Actions (login required)

View Item View Item