STRATEGI KONTEN AKUN FACEBOOK STOKIS @Anas Nasa SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK

Sanjaya, Jenia Melani Pornama (2023) STRATEGI KONTEN AKUN FACEBOOK STOKIS @Anas Nasa SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E-thesis Skripsi Jenia KPI.pdf

Download (31MB)

Abstract

ABSTRAK
Sanjaya, Jenia Melani Pornama, 2023. Strategi Konten Akun Facebook Stokis @Anas Nasa Sebagai Media Promosi Produk. Skripsi, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islan Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing : Asna Istya Marwantika, M. Kom. I
Kata Kunci : Strategi Konten, Facebook, Stokis, Promosi.
Perkembangan teknologi informasi pada saat ini membawa dampak besar bagi kehidupan terutama pada dunia bisnis dan pemasaran. Bagi para pelaku usaha atau bisnis memerlukan media pemasaran yang efektif guna memperluas pangsa pasar mereka. Dari banyaknya media sosial yang sedang berkembang di zaman sekarang. Facebook merupakan media sosial yang memiliki jumlah pengguna yang banyak dan jangkauannya yang luas. Seperti halnya yang dilakukan pada akun Facebook @Anas Nasa. Salah satu stokis PT. Natural Nusanatara yang melakukan promosi produk-produk NASA melalui media Facebook.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana proses perencanaan konten pada akun stokis @Anas Nasa dalam mempromosikan produk. (2) Menganalisis hasil penggunaan Facebook pada akun stokis @Anas Nasa sebagai media promosi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Selanjutnya, jenis penelitian deskriptif menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yakni teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data yang digunakan dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan konten @Anas Nasa seperti: (1) Variasi konten: Menggunakan caption dengan bahasa yang santai dan mudah dipahami dan Gambar produk di edit sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik. (2) Menentukan jenis dan kategori konten: Jenis konten berupa produk NASA seperti produk pertanian, peternakan, kecantikan dan kesehatan rumah tangga. Kategori konten yang digunakan yaitu gambar produk, video, teks, gambar katalog, aktivitas pribadi, tips dan trik, motivasi, serta promo. (3) Kalender konten: Narasumber mengunggah konten pada jam-jam istirahat seperti pagi, siang dan waktu petang. (4) Visual konten: Menggunakan kata NASA pada nama akun dan menyantumkan logo NASA pada unggah-unggahan produk. (5) Menentukan hashtag: Tagar makro #PTNASA, tagar mikro #stokisnasa dan tagar aktivitas #lacoco. (6)Memanfaatkan sampul: Memanfaatkan testimoni dan Screenshot orderan. Hasil dari strategi konten yaitu merespon komentar dan pesan pribadi inbox. Selanjutnya, hasil dari kepuasan penggunaan media Facebook sebagai media promosi yaitu narasumber merasa puas dan penjualan produk semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Asna Istya Marwantika
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:21
Last Modified: 28 Nov 2023 01:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26492

Actions (login required)

View Item View Item