kebijakan redaksional jawa pos radar madiun dalam menetukan headline berita

winarsih, winarsih (2023) kebijakan redaksional jawa pos radar madiun dalam menetukan headline berita. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ETHEESIS WINAR PDF.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Winarsih. 2023. Kebijakan Redaksional Jawa Pos Radar Madiun Dalam Menetukan Headline Berita. Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ushudddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Kayyis Fithri Ajhuri, M.A .
Kata Kunci : Kebijakan, Redaksional, Headline dan Berita

Kebijakan redaksi merupakan dasar pertimbangan suatu lembaga media massa untuk memberikan atau menyiarkan suatu berita. Kebijakan redaksi juga disebut sikap redaksi suatu lembaga dari media massa, terutama media cetak terhadap masalah aktual yang sedang berkembang, yang biasanya dituangkan dalam bentuk tajuk rencana. Adanya kebijakan redaksional di dalam media merupakan salah satu hal yang penting, terutama seleksi dan memutuskan pemuatan berita untuk dipublikasikan. Hal tersebut dimaksudkan supaya pemberitaan pada koran Jawa Pos Radar Madiun bisa tepat sasaran. Ada tiga komponen yang selalu berkaitan dengan isi media surat kabar, tiga komponen tersebut adalah pemimpin redaksi, redaktur dan wartawan. Dari ketiga komponen tersebut harus berjalan beriringan demi mewujudkan media surat kabar yang maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur teks penulisan berita yang digunakan di Jawa Pos Radar Madiun dan kategori berita yang dijadikan headline serta kebijakan redaksional Jawa Pos Radar Madiun dalam menentukan headline berita. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pengumpulan data. Hasil yang didapatkan kemudian dianalisis dengan reduksi data .penyajian data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan redaksional Jawa Pos Radar Madiun dalam proses penentuan headline tentunya ada beberapa aspek yang perlu di perhatikan, seperti struktur teks penulisan berita yang digunakan oleh jawa pos radar madiun menggunakan piramida terbalik dan jenis kategori yang dijadikan headline ini menggunakan jenis hard news, soft news dan feature. Sedangkan untuk kebijakan redaksi penentuan headline itu sendiri melibatkan tim redaksi antara lain pimpimnan redaksi, redaktur dan wartawan. Sebelum terjun kelapangan biasanya ada beberapa berita yang diusulkan oleh wartawan setelah itu pimpinan redaksi atau redaktur dari setiap daerah memilah berita dan berbobot untuk dijadikan headline berita.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:20
Last Modified: 28 Nov 2023 01:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26491

Actions (login required)

View Item View Item