Peran Jurnalis Kanal Indonesia Dalam Menggali Informasi Di Era Digital

Arinasih, Siti (2023) Peran Jurnalis Kanal Indonesia Dalam Menggali Informasi Di Era Digital. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
ETHESIS SITI ARINASIH.pdf

Download (1MB)

Abstract

SITI ARINASIH, 2023. “Peran Jurnalis Kanal Indonesia Dalam Menggali Informasi Di Era Digital”. Skripsi. Jurusan Komunikasi Dan penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Kayyis Fithri Ajhuri, M.A

Kata Kunci : Jurnalis, Era Digital, Kanal Indonesia

Jurnalistik adalah seni dan keterampilan mencari, mengumpulkan, mengolah, menyususn dan menyajikan berita. Di era digital adalah informasi bersifat up-to-date, realtime, dan praktik. Kanal Indonesia dapat menyajikan berita yang realtime dengan informasi valid serta dapat memuat berita khusus seputar berita yang sedang terjadi di Kabupaten Ponorogo. Dari paparan tersebut dapat dijadikan objek penelitian agar diketahui bagaimana proses penggalian, memfiltrt dan keterampilan jurnalis Kanal Indonesia di era digital.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang artinya dari data yang diolah menjadi data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari individu ataupun pelaku yang diamati. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah fenomenologi yang digunakan menghasilkan gambaran akurat dari suatu fenomena, meknisme sebuah proses, dan menjelaskan seperangkat tahapan atau proses yang digunakan untuk menemukan peran seorang jurnalis pada era digital yang terdapat di KanalIndonesia.com.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses penggalian informasi di Era Digital ini KanalIndoseia.com dengan menrapkan teori Gate Keeping dan selalu memiliki cara agar bisa cepat dan sigap dalam peliputan suatu berita dengan segera mendatangi lokasi kejadian dan melakukan observasi agar bisa mendapatkan berita. Dalam proses memfilter informasi KanalIndonesia.com selalu memperhatikan hal-hal dalam pengelolaan berita agar dapat menerbitkan berita yang tidak hoax DAN satu hal yang menjadi pertimbangan penting yang dilakukan oleh KanalIndonesia.com yaitu memperhatikan news angle atau sudut pandang berita. Keterampilan jurnalis KanalIndonesia.com dalam menyebarluaskan informasi di era digital adalah dengan cara membagikan link-link berita yang telah diterbitkan oleh Kanal.Indonesia.com melalui media sosial masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2023 04:09
Last Modified: 27 Nov 2023 04:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26489

Actions (login required)

View Item View Item