PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, KINESTETIK (VAK) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI MIN 7 PONOROGO

Lestari, Devi Puji (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, KINESTETIK (VAK) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI MIN 7 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190027_DEVI PUJI LESTARI_PGMI..pdf

Download (3MB)

Abstract

Lestari, Devi Puji. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinestetik (VAK) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV MIN 7 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Weni Tria Anugrah P. M.Pd
Kata Kunci: VAK, minat, hasil belajar, IPAS
Dalam kegiatan belajar, minat merupakan hal yang paling penting dalam diri siswa karena dengan minat belajar yang baik maka hasil belajarpun akan baik pula, namun pada kenyataannya minat dan hasil belajar siswa masih bisa dikatakan rendah dengan bukti pada saat kegiatan belajar mengajar ada yang merasa bosan, mengantuk, rebut sendiri dengan temannya, bermain dan mengobrol sendiri dengan temannya dan kurang aktif dalam kegiatan tanya jawab, selain itu dari nilai ulangan harian siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan jumlah 14 siswa dari 20 siswa yang belum tuntas dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinestetik (VAK) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV MIN 7 Ponorgo, (2) untuk mengetahui minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinestetik (VAK) pada mata pelajaran IPAS kelas IV MIN 7 Ponorogo, (3) untuk mengetahui kendala yang dialami pada saat penerapan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinestetik (VAK) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV MIN 7 Ponorogo
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 7 Ponorogo yang berjumlah 20 siswa teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, angket, observasi, tes, dan catatan lapangan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) keterlaksanaan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinestetik (VAK) terlaksana secara maksimal di siklus ke II dengan ketercapaian mencapai 85% seuai dengan harapan peneliti. (2) Minat dan hasil belajar siswa meningkat dengan perolehan hasil rata-rata minat 70% di siklus pertama dan 81.9% di siklus ke dua. Untuk hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan jumlah 20 siswa pada pra penilitian jumlah siswa yang tuntas hanya 6 dengan Kriteria Ketuntasan Klasikal (KKK) 30%, selanjutnya pada siklus pertama siswa yang tuntas berjumlah 12 dengan KKK 60%, dan siklus tiga siswa yang tuntas mencapai 17 siswa dengan KKK sebanyak 85%. (3) Ada 3 kendala yang dialami oleh peneliti selama penerapan model pembelajran VAK di antaranya, kendala dari peneliti, kendala dari siswa dan kendala dari sarana dan prasarana

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2023 04:04
Last Modified: 27 Nov 2023 04:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26485

Actions (login required)

View Item View Item