Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa

Rahmawati, Errin Tri (2023) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190355_ERRIN TRI RAHMAWATI_PAI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Rahmawati, Errin Tri. 2023. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Syaiful Arif, M.Pd.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Metode TGT, Percaya Diri

Kurangnya rasa percaya diri siswa yang apabila tidak segera diperbaiki dapat menjadi penghambat perkembangan individu dalam menjalankan tugas sehari-hari. Kurangnya rasa percaya diri siswa ditandai dengan siswa ragu-ragu menyampaikan jawaban, siswa enggan dan malu-malu bertanya pada guru apabila mengalami kesulitan dalam belajar, suara yang lirih ketika ditunjuk untuk menjawab pertanyaan, siswa tidak menunjukkan sikap percaya diri ketika menyampaikan presentasi di depan kelas. Beberapa masalah tersebut ditemukan berdasarkan observasi awal di SMP Ma’arif 5 Ponorogo kepada 28 siswa dari tiga tingkatan kelas, hampir seluruh siswa di SMP Ma’arif 5 Ponorogo memiliki rasa percaya diri yang rendah. Peneliti memberikan solusi untuk dapat mengatasi masalah kurangnya rasa percaya diri siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Menurut Taniredja, metode TGT merupakan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 5 Ponorogo; dan (2) mendeskripsikan tingkat kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 5 Ponorogo setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TGT.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK dengan teknik pengambilan data ialah observasi dan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 5 Ponorogo. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa 1) Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 5 Ponorogo dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Siklus I dan II memiliki 5 tahapan yaitu penyajian kelas, kelompok, permainan, turnamen, dan penghargaan kelompok. 2) Tingkat kepercayaan diri siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dilihat dari hasil observasi dan hasil angket pada siklus I dan siklus II. Pada hasil observasi siklus I pertemuan 1 dan 2 siswa yang memperoleh kategori sikap percaya diri sangat baik sebesar 0% mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 27% dan meningkat menjadi 91% pada pertemuan 2 siklus II. Pada hasil angket siklus I, siswa yang berada pada kategori sangat baik sebesar 9% dan pada siklus II naik menjadi 36%. Berdasarkan hasil lembar observasi dan angket maka pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT telah mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa, dalam hal ini dipengaruhi oleh aspek pengalaman. Guru membantu memberikan pengalaman kepercayaan diri kepada siswa melalui kegiatan yang ada dalam metodeTGT sehingga terbentuk sikap percaya diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2023 04:03
Last Modified: 27 Nov 2023 04:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26483

Actions (login required)

View Item View Item