..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..LIBAS DALAM TAFSIR AL-MISBAH

Sari, Putri Maya (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..LIBAS DALAM TAFSIR AL-MISBAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI 301180056 SKRIPSI PUTRI MAYA SARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Islam telah memperkenalkan pakaian-pakaian yang seharusnya di pakai oleh kaum muslimin. Termasuk wanita muslim tentu harus memperhatikan cara berpakaian yang berkaiatan dengan nilai agama. Salah satu hal yang sering menjadi pusat perhatian adalah cara menggunakan jilbab. Hal ini yang menjadi pengaruh dengan banyak wanita yang menggunakan hijab, pemakaian hijab yang dulunya hanya untuk menutupi aurat, sekarang beralih menjadi trend fashion untuk tampil modis dan trendly namun tetap dalam syariat islam. Hal ini dibuktikan dengan berkembangnya gaya berbusana wanita hijab yang semakin bervariasi dan modelnya berjilbabnya pun beragam. Pakaian merupakan sesuatu yang digunakan manusia untuk menutupi dan melindungi seluruh badan dari panas dan dingin. Seperti kemeja, gamis, sarung dan sorban. Gaya berpakaian merupakan bagian dari cara membawa diri dalam lingkungan. Islam itu agama fitrah karena itu dalam segala urusan manusia bersifat duniawi, islam lebih banyak mengikuti ketentuan yang sesuai dengan fitrah manusia yang sempurna.
Jenis penelitian ini adalah library research atau penelitian pustaka. dilakukan untuk memecahkan masalah tentang penggunaan pakaian menurut Tafsir Al-Misbah dalam kehidupan di indonesia.
Menurut Quraish Shihab Al-Qur’an mengistilahkan lafadz yang bermakna pakaian ada tiga bentuk, yaitu libās,thiyāb, dan sarābīl. Menurut istilah, terdapat beberapa rumusan. Quraish Shihab memberi makna libās sebagai sesuatu yang dipakai, baik penutup badan, kepala, dan jari seperti cincin dan gelang. Kontekstualitas busana di masa kini, jilbab sudah dijadikan budaya seiring dengan budaya Islam yang sudah mengakar di masyarakat. Kemudian masyarakat pada masa kini khususnya di Indonesia, mereka berjilbab, tetapi hanya sebatas penutup kepala, hanya dijadikan perhiasan semata.

Kata Kunci: Libas, Tafsir Al-Misbah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:25
Last Modified: 27 Nov 2023 03:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26471

Actions (login required)

View Item View Item