..(TAMBAHKAN TTD ASLI DAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Strategi Komunikasi Komunitas Suporter Bonek Liar Ponorogo (BLP) Dalam Membina Akhlak Anggota

Nashiruddin, As'ad (2023) ..(TAMBAHKAN TTD ASLI DAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Strategi Komunikasi Komunitas Suporter Bonek Liar Ponorogo (BLP) Dalam Membina Akhlak Anggota. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
upload etheses.docx

Download (5MB)

Abstract

Sepak bola adalah olahrga yang paling populer di seluruh dunia dan menjadi sumber fanatisme serta loyalitas yang tak terbatas di kalangan suporter. Suporter sepak bola memiliki peran penting dalam mendukung klub kesayangan mereka dan seringkali terkait dengan identitas wilayah. Di Indonesia, kerusuhan antar suporter dan masalah rasisme masih sering terjadi, dan mengganggu citra positif komunitas suporter. Untuk memperbaiki aituasi ini, pembinaan akhlak dan strategi pikir yang baik menjadi penting. Komunitas suporter seperti Bonek Liar Ponorogo (BLP) telah berupaya mengubah citra negatif mereka melalui kegiatan positif. Komunikasi dalam komunitas suporter juga memili peran vital dalam menyatukan sukungan dan koordinasi.
Dalam skripsi ini peneliti menyajikan pembahasan meliputi: (1) langkah-langkah strategi komunikasi yang digunakan pengurus komunitas Bonek Liar Ponorogo (BLP) dalam membina akhlak anggotanya. (2) metode pembinaan yang digunakan oleh pengurus komunitas Bonek Liar Ponorogo (BLP) dalam membina akhlak anggota. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan objek penelitian sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Adapaun teknik pengumpulan dta yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian peneliti menganalisis data dengan metode reduksi, penyajian data, dan verivikasi (penarikan kesimpulan) untuk mendapatkan data yang di inginkan.
Hasil penelitian ini adalah (1) bahwa dalam penetapan khalayak, pengurus komunitas BLP menetapkan anggotanya sebagai khalayak yang akan dibina. Dalam penetaapan khalayak pengurus juga mengklasifikasikan enggota sesuai dengan umur dan jenis kelamin. Pengurus mengumpulkan khalayak pada saat kegiatan menonton bersama, menggalang dana, dan kegiatan lainnya, pengurus komunitas BLP dalam menyusun pesaan dengan semenarik mungkin agar isi atau materi yang disampaikan mampu mempengaruhi khalayak dan menarik perhatian. Metode pelaksanaannya menggunakan teknik canalizing. Dalam menetapkan media, pengurus memilih menggunakan media sosial berupa WhatsApp, Instagram, dan Facebook sebagai penyebar pesan kepada khalayak. (2)metode pembinaan akhlak yang digunakan oleh penguru komunitas BLP adalah metode pembinaan akhlak berupa keteladanan dan nasihat. Jadi pada penerapan metode ini, pengurus tidak hanya memberikan nasihat kepada anggota, namun memberikan contoh perilaku yang baik agar ditiru oleh anggota yang mampu mengingkatkan akhlak terpuji dalam diri anggota.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Risko Faristiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:50
Last Modified: 27 Nov 2023 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26465

Actions (login required)

View Item View Item