Analisis Strategi Pemasaran Melalui Pemberian Diskon pada Toko Aqila Fashion

Widyawati, Widyawati (2023) Analisis Strategi Pemasaran Melalui Pemberian Diskon pada Toko Aqila Fashion. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Widyawati_401180332_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Widyawati. 2023. Analisis Strategi Pemasaran Melalui Pemberian Diskon pada Toko Aqila Fashion. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Iza Hanifuddin, M.Ag., Ph.D.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Diskon, Peningkatan konsumen, dan Pendapatan
Pemasaran adalah suatu kegiatan yang sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk dapat mengembangkan perusahaan dan untuk memperoleh laba. Akan tetapi seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, persaingan antar perusahaan semakin ketat. Secara tidak langsung menimbulkan persaingan dari pasar yang menyebabkan terjadinya penawaran barang akan lebih banyak dibandingkan permintaan konsumen. Salah satu upaya untuk menarik perhatian konsumen adalah dengan mengadakan promosi penjualan melalui cara pemberian diskon.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan strategi pemasaran, penerapan strategi pemasaran, dampak penerapan strategi pemasaran, dan peningkatan pendapatan pada Toko Aqila Fashion Ponorogo. Dengan menggunakan deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi dengan teknik pengolahan data.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi pemasaran melalui diskon telah dijalankan dan dalam pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik seperti dengan dilakukan penyebarluasan informasi terkait produk-produk yang dijual pada media sosial. Pelaksanaan strategi pemasaran melaui diskon terkait besarnya diskon berdasarkan hasil pertimbangan harga modal produk itu sendiri, semakin rendah harga produk maka semakin kecil pula pemberian diskon dan sebaliknya. Pelaksanaan strategi pemasaran melalui diskon belum mampu meningkatkan jumlah konsumen dan pendapatan toko dikarenakan konsumen lebih memilih produk dengan harga rendah walaupun kualitasnya kurang begitu bagus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:48
Last Modified: 27 Nov 2023 01:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26464

Actions (login required)

View Item View Item