Metode Dakwah Dalam Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah Masyarakat Desa Sendangrejo, Madiun

Fauziyah, Hanifah (2023) Metode Dakwah Dalam Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah Masyarakat Desa Sendangrejo, Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
302190022_Hanifah Fauziyah_Komunikasi Penyiaran Islam (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Fauziyah, Hanifah 2023. Metode Dakwah Dalam Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah Masyarakat Desa Sendangrejo, Madiun. Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Mohammad Rozi Indrafuddin, M.FiI.I.
Kata Kunci : Dakwah, Ukhuwah Islamiyah, Desa Sendangrejo
Metode dakwah merupakan cara yang telah diatur dan melalui pemikiran yang matang supaya proses penyampaian dakwah dapat membuahkan hasil yang maksimal, selain penyesuaian metode dakwah hendaknya seorang dai juga harus memamahami keadaan sasaran dakwahnya dan melakukan pendekatan kepada mereka dengan pendekatan yang baik seorang mad’u akan mudah menerima dakwah yang disampaikan oleh dai.
Disisi lain permasalahan dalam rumusan masalah meliputi metode dakwah dan gambaran ukhuwah islamiyah masyarakat Desa Sendangrejo, Madiun. Serta menganalisa permasalahan ukhuwah islamiyah dan solusi yang dilakukan para dai dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di masyarakat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah data terkumpul peneliti mendeskripsikan dengan kalimat yang mudah dipahami dan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh dalam penelitian lapangan yang telah dilakukan.
Hasil dari penelitian ini peneliti menemukan bahwa dalam proses penyampaian dakwah setiap dai menggunakan metode yang berbeda-beda, walaupun metode yang dominan mereka gunakan adalah metode dakwah Bil lisan tak jarang diantara mereka yang juga menerapkan metode dakwah Bil Qolam melalui postingan story whatsapp. Selain itu terdapat 2 aliran agama Islam yang ada di Desa Sendangrejo yaitu Nahdlatul ulama NU dan Wahabi, dan terdapat masyarakat non muslim atau Kristen, tetapi dengan adanya perbedaan aliran dan agama hal ini tidak menghambat berjalannya ukhuwah islamiyah, mereka saling menghormati aliran agama masing-masing dan tetap hidup rukun. Tetapi hambatan dalam ukhuwah pasti ada walaupun presentasenya kecil hal ini biasanya terjadi karena kurangnya komunikasi antar warga dan jika terjadi permasalahan dalam lingkup masyarakat pihak perangkat desa juga ikut andil dalam menuntaskan permasalahan tersebut sehingga permasalahan tidak berlarut-larut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mohammad Rozi Indrafuddin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:47
Last Modified: 27 Nov 2023 01:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26463

Actions (login required)

View Item View Item