PERAN WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MUSLIM DI SMP NEGERI 5 PONOROGO

Wahyuni, Tri (2023) PERAN WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MUSLIM DI SMP NEGERI 5 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190176 TRI WAHYUNI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Wahyuni, Tri. 2023. Peran Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Muslim di SMP Negeri 5 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Panggih Wahyu Nugroho, M.Pd.
Kata Kunci: Kesiswaan, Karakter Religius, SMP Negeri 5 Ponorogo.

Sumber daya manusia yang baik merupakan kunci utama kemajuan dan kesuksesan bangsa. Sumber daya yang baik tentu memiliki karakter yang baik, termasuk karakter religius, karena karakter yang baik akan berdampak kepada sikap, sifat, perilaku, pemikiran, perkataan dan pandangan seseorang. Pendidikan sangat berperan penting dalam proses pembentukan karakter religius siswa, termasuk Sekolah Menengah Pertama (SMP), karena pendidikan karakter harus di ajarkan dan ditanamkan kepada anak sejak dini.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk menganalisis (1) perencanaan pembentukan karakter religius siswa muslim di SMP Negeri 5 Ponorogo (2) pelaksanaan pembentukan karakter religius siswa muslim di SMP Negeri 5 Ponorogo (3) evaluasi pembentukan karakter religius siswa muslim di SMP Negeri 5 Ponorogo. Penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini penelitian lapangan bersifat studi. Teknik dan pengumpulan data pada penelitian ini yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan menguji keabsahan data penelitian ini peneliti menggunakan 2 pendekatan sekaligus yaitu: pendekatan berdasarkan lamanya waktu penelitian, menggunakan pendekatan triangulasi metode dan sumber.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) perencanaan pembentukan karakter religius siswa muslim di SMP Negeri 5 Ponorogo dilakukan dengan melaksanakan musyawarah oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, yang terlibat dalam proses perencanaan pembentukan karakter religius adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum serta guru Pendidikan Agama Islam, lalu program tersebut di sosialisasikan kepada seluruh jajaran warga SMPN 5 Ponorogo (guru karyawan dan staf tata usaha). (2) pelaksanaan pembentukan karakter religius siswa muslim ialah tadarus Al-Qur’an, membaca surah pendek dan do’a sebelum memulai proses pembelajaran, istighosah, sholat wajib berjamaah, sholat dhuha, sholat Jum’at, bimbingan wudhu dan sholat yang baik dan benar, peningkatan imtak, pembiasaan infak dan sedekah hari Jum’at, gerakan Jum’at bersih, pengumpulan zakat fitrah pada hari raya, memakai seragam muslim/muslimah, membiasakan mengucap salam sebelum dan sesudah keluar ruangan, berjabat tangan ketika bertemu guru, dan saling menjaga silaturahmi seperti menjenguk teman yang sakit, dan lain sebagainya, itu dilaksanakan wajib untuk seluruh warga SMP Negeri 5 Ponorogo. (3) evaluasi pembentukan karakter religius siswa muslim. Evaluasi dilaksanakan setiap 1 bulan sekali, kaitannya dengan point pelanggaran selama 1 bulan dengan melaksanakan musyawarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Panggih Wahyu Nugroho
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:36
Last Modified: 27 Nov 2023 01:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26448

Actions (login required)

View Item View Item