EFEKTIVITAS PROGRAM GENRE BKKBN KABUPATEN PONOROGO DALAM MENCEGAH PERNIKAHAN ANAK DI BAWAH UMUR

WIDIYANTI, ASRI LIA (2023) EFEKTIVITAS PROGRAM GENRE BKKBN KABUPATEN PONOROGO DALAM MENCEGAH PERNIKAHAN ANAK DI BAWAH UMUR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
UPLOAD SKRIPSI ASRI LIA WIDIYANTI PRODI HKI 10119012.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Lia Widiyanti, Asri 2023. Efektivitas Program GenRe BKKBN Kabupaten Ponorogo dalam Mencegah Pernikahan Anak di Bawah Umur. Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Rizki Amalia Sholihah, S. Hum., M.Pd.
Kata Kunci/Keywords: Pernikahan anak di bawah umur, Program GenRe, Efektivitas.
Kurangnya pemahaman masyarakat Kabupaten Ponorogo terkait dampak pernikahan yang dilakukan oleh pasangan yang usianya belum dewasa menjadi salah satu faktor yang masih ditemukannya pernikahan di bawah umur. Upaya pemerintah untuk mencegah pernikahan di bawah umur cukup banyak, salah satunya BKKBN yang mempunyai Program GenRe. Pelaksanaan Program GenRe masih mengalami kendala bagi para remaja yang masih di jenjang mencari ilmu. Adanya program GenRe bisa di lihat sejauh mana kebijakan yang ada dalam program tersebut dapat memecahkan masalah yang hendak dipecahkan, dan apakah kebijakan tersebut sudah dirumuskan sesuai dengan karakter masalah yang hendak diselesaikan. Dirasa perlu mengukur tingkat efektivitas program tersebut.
Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui efektifitas program GenRe BKKBN Kabupaten Ponorogo dalam upaya pencegahan pernikahan anak di bawah umur dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas program GenRe BKKBN Kabupaten Ponorogo dalam mencegah pernikahan anak di bawah umur.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan normatif. Subjek penelitian yakni anggota dari BKKBN dan duta GenRe. Objek penelitian yakni program-program yang dilakukan oleh pihak BKKBN dalam upaya pencegahan pernikahan anak di bawah umur. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan wawancara. Pengambilan data di DPPKB Kabupaten Ponorogo. Analisis data menggunakan teori efektivitas program bawasannya untuk mengetahui adanya program GenRe sesuai mencapai tujuan awal adanya program tersebut. Lama penelitian ini dilakukan kurang lebih selama 5 bulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bawasannya dalam pelaksanaan program Genre BKKBN Kabupaten Ponorogo dalam upaya pencegahan pernikahan anak di bawah umur dengan data informan yang telah diperoleh maka pemahaman program, ketepatan sasaran, ketepatan waktu, tercapainnya tujuan dan perubahan nyata dapat dikatakan efektif. Adapun faktor pendukung yakni branding media menjadi salah satu faktor yang mempermudah dalam memberikan berbagai informasi. Faktor penghambatnya dari masyarakat dan juga anak remaja yang masih minim kesadaran terhadap pentingnya menjaga kesehatan untuk masa depan, dan beberapa orang tua yang mendukung anaknya untuk menikah di usia dini karena dengan alasan tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: RIZKI AMALIA SHOLIHAH
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:29
Last Modified: 27 Nov 2023 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26442

Actions (login required)

View Item View Item