UPAYA PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAHAR SISWA MELALUI DEMONSTRASI PADA MATERI FIQH KELAS VII-A MTS MA'ARIF KLEGO PONOROGO TAHUN 2023/2024

Prasetyo, Muhammad Syaiful (2023) UPAYA PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAHAR SISWA MELALUI DEMONSTRASI PADA MATERI FIQH KELAS VII-A MTS MA'ARIF KLEGO PONOROGO TAHUN 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Skripsi Full_Muh Syaiful P_Uploud E-Thesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Prasetyo, Muhammad Syaiful. 2023. Upaya Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi Pada Materi Fiqh Kelas VII-A MTs Ma'arif Klego Ponorogo Tahun 2023/2024. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing, Dr. Mukhibat M.Ag.

Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Peningkatan Proses dan Hasil Pembelajaran, Fiqh

Proses belajar mengajar merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pendidikan, yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk menghasilkan sebuah perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku siswa yang terjadi setelah mengikuti proses pembelajaran, hasilnya dituangkan dalam bentuk angka atau nilai yang disebut sebagai hasil belajar. Seperti yang sering terjadi di kelas siswa kurang aktif dalam pembelajaran, siswa terkadang berbicara dengan teman ketika guru menjelaskan materi, dan guru jarang memberikan tugas kepada siswa, sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal atau masih di bawah KKM dengan berorientasi dengan masalah inilah peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan Metode Demonstrasi dalam proses pembelajaran Fiqh. Melalui Metode Demonstrasi, pembelajaran Fiqh ini dapat melatih siswa untuk belajar mandiri atau mempertanggujawabkan tugasnya sendiri atau kelompok.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui Apakah Penerapan Metode Demonstrasi Dapat Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Fiqh di MTs Ma'arif Klego Ponorogo Pada Siswa Kelas VII-A Tahun 2023/2024.
Dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan II Siklus. Penelitian ini dilakukan berdasarkan Model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan di setiap siklusnya, antara lain tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A MTs Ma'arif Klego Ponorogo yang berjumlah 29 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mampu meningkat dengan menggunakan Metode Demonstrasi. Hal ini dapat dilihat pada pencapaian hasil belajar siswa mengenai peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I pencapaian ketuntasan sebesar 36% dengan nilai rata-rata hasil tes belajar siswa adalah 73,00%. Lalu pada siklus II pencapaian ketuntasan sebesar 86,66% dengan rata- rata 81,33%. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa menggunakan Metode Demonstrasi efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di MTs Ma'arif Klego Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukbibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:27
Last Modified: 27 Nov 2023 01:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26439

Actions (login required)

View Item View Item