Internalisasi Nilai Spiritual melalui Kegiatan Rutin Ziarah Makam pada Majelis Ta'lim Ulul Albab di MAN 2 Ponorogo

Nisaul Latifah, Brilliant (2023) Internalisasi Nilai Spiritual melalui Kegiatan Rutin Ziarah Makam pada Majelis Ta'lim Ulul Albab di MAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190337_Brilliant Nisaul Latifah_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latifah, Brilliant Nisaul. 2023. Internalisasi Nilai Spiritual melalui Kegiatan Rutin Ziarah Makam pada Majelis Ta’lim Ulul Albab di MAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Mughniatul Ilma, M.H.
Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Spiritual, Ziarah Makam
Dunia pendidikan semakin diterjang dengan berbagai kasus kenakalan remaja. Dengan adanya perkembangan zaman dan akses teknologi yang semakin mudah, penyimpangan yang dilakukan oleh remaja semakin banyak, tidak terkecuali pada anggota Majelis Ta’lim Ulul Albab di MAN 2 Ponorogo. Berbagai masalah di atas dapat diatasi apabila nilai spiritual terinternalisasi dengan baik. Dalam hal ini, perlu adanya pembiasaan yang direalisasikan dalam kegiatan rutin ziarah makam yang diarahkan untuk menginternalisasikan nilai spiritual pada anggota Majelis Ta’lim Ulul Albab di MAN 2 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) pelaksanaan kegiatan rutin ziarah makam terhadap internalisasi nilai spiritual pada Majelis Ta’lim Ulul Albab, (2) faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai spiritual melalui kegiatan rutin ziarah makam pada Majelis Ta’lim Ulul Albab, (3) implikasi kegiatan rutin ziarah makam terhadap internalisasi nilai spiritual pada anggota Majelis Ta’lim Ulul Albab.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data, peneliti menggunakan model Miles, Hubarman dan Saldana yang meliputi: kondensasi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber.
Dari hasil penelitian ditemukan: (1) Pelaksanaan kegiatan rutin ziarah makam terhadap internalisasi nilai spiritual melalui 3 tahapan: transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi nilai. Metode yang digunakan dalam internalisasi nilai spiritual yakni: metode pembiasaan, pergaulan dan suri tauladan. Nilai spiritual yang diinternalisaikan: nilai keimanan (tauhid), nilai ketakwaan (ibadah), dan nilai akhlak. (2) Faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai spiritual dipaparkan sebagai berikut: (a) Faktor pendukungnya meliputi semangat dalam diri anggota, dukungan dari orang tua terhadap anaknya, dukungan dari pendidik kepada anggota, (b) Faktor penghambatnya meliputi terbatasnya waktu dan minimnya antusias anggota mengikuti kegiatan. (3) Implikasi kegiatan rutin ziarah makam terhadap internalisasi nilai spiritual anggota dapat dilihat dan ditandai dengan adanya beberapa perubahan sikap yang terjadi pada diri anggota. Secara garis besar implikasi kegiatan rutin ziarah makam tertuang pada beberapa nilai spiritual diantaranya a) nilai keimanan (tauhid) yaitu adanya penghayatan yang melahirkan keyakinan kuat dalam jiwa yang dapat dirasakan oleh setiap individu, b) nilai ketakwaan (ibadah) yaitu adanya antusias mengamalkan sunah Nabi dan istiqamah dalam menjalankan syariat Allah Swt., c) nilai akhlak yaitu adanya kedisiplinan dan melakukan budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) kepada bapak dan ibu guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mughniatul Ilma
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:25
Last Modified: 27 Nov 2023 01:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26436

Actions (login required)

View Item View Item