Bentuk Komunikasi Nonverbal Dalam Pembelajaran Praktik Ibadah Pada Siswa Tunawicara Di SLB Negeri Badegan Ponorogo

Ajib, Muhammad (2023) Bentuk Komunikasi Nonverbal Dalam Pembelajaran Praktik Ibadah Pada Siswa Tunawicara Di SLB Negeri Badegan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI AJIB UPLOAD E-THESIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ajib, Muhammad. 2023. Bentuk Komunikasi Nonverbal dalam Pembelajaran Praktik Ibadah Pada Siswa Tunawicara di SLB Negeri Badegan Ponorogo. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Andhita Risko Faristiana, M.A.
Kata kunci: Komunikasi Nonverbal, Praktik Ibadah, Tunawicara.
Anak berkebutuhan khusus memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan sesuai dengan peraturan pemerintah. Namun, faktanya lebih dari 75% anak disabilitias di Indonesia belum mendapatkan pendidikan. Salah satu mata pelajaran penting di sekolah adalah Pendidikan Agama Islam (PAI), tetapi banyak SLB justru tidak memiliki guru PAI khusus. Anak tunawicara memiliki hambatan dalam berkomunikasi secara verbal, sehingga pada proses pendidikannya keterampilan komunikasi guru menjadi peranan utama. Dengan segala keterbatasan yang dimiliki anak tunawicara, pendidikan harus tetap dilakukan. SLB Negeri Badegan Ponorogo merupakan salah satu sekolah yang menerima anak tunawicara.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk komunikasi nonverbal beserta hambatan dan solusi yang terjadi dalam pembelajaran praktik ibadah pada siswa tunawicara di SDLB Negeri Badegan Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan prosedur pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan wawancara. Informan dalam penelitian meliputi Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Wali Kelas. Hasil perolehan data dilakukan analisis berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bentuk komunikasi nonverbal yang digunakan guru dalam pembelajaran praktik ibadah pada siswa tunawicara di SDLB Negeri Badegan Ponorogo adalah menggunakan komunikasi visual, sentuhan, gerakan tubuh, dan bahasa isyarat yang disertai dengan lisan. Pada penerapannya, proses pembelajaran yang dilakukan terdapat hambatan mulai dari komunikator yaitu terbatasnya bahan ajar dan penguasaan materi, pada pesan yaitu adanya perbedaan penggunaan bahasa isyarat, dan pada komunikan yaitu gangguan komunikasi verbal dan tingkat pemahaman huruf yang masih rendah. Terdapat beberapa solusi untuk mengatasi hambatan mulai dari memodifikasi rencana pembelajaran (RPP), melakukan evaluasi, menerapkan SIBI sebagai mulok, menerapkan pembiasaan ibadah, dan melakukan komunikasi interpersonal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Risko Faristiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:24
Last Modified: 27 Nov 2023 01:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26435

Actions (login required)

View Item View Item