Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Solidaritas antara Pemimpin dan Staf di Yayasan Ngawi Al Munawwarah

Bilad Arkan, Madani Al Akbar (2023) Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Solidaritas antara Pemimpin dan Staf di Yayasan Ngawi Al Munawwarah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
skripsi bilad arkan upload.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam organisasi, sangat perlu untuk menjaga hubungan harmonis untuk mencari kesempurnaan dan keefektifan pengelolaan sumber daya baik material, finansial dan manusia. Hal ini menjadi tantangan bagi para pemimpin organisasi dalam mengelola dan memimpin anggota salah satunya meningkatkan solidaritas. Maka dari itu skripsi ini membahas tentang komunikasi organisasi yang dilakukan antara pemimpin dan staf di Yayasan Ngawi Al Munawwarah dalam meningkatkan solidaritas. Pokok permasalahannya adalah bagaimana jaringan komunikasi, pola komunikasi yang digunakan, hambatan, dan solusi apa saja yang digunakan untuk meningkatkan solidaritas organisasi.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jaringan dan pola komunikasi antara pemimpin dan staf dalam meningkatkan solidaritas dan hambatan serta solusi apa saja yang digunakan dalam meningkatkan solidaritas di organisasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan komunikasi dan dibahas secara deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara mendalam, studi pustaka, dan observasi.
Hasil dari penelitian ini yang pertama menunjukan bahwa Jaringan komunikasi yang digunakan Yayasan Ngawi Al Munawwarah yakni jaringan komunikasi formal dan informal. Kedua, pola komunikasi dan arus pesan yang digunakan adalah saluran total yakni pemimpin dan staf dapat saling berinteraksi dengan bebas. Ketiga, hambatan komunikasi yang terjadi di Yayasan Ngawi Al Munawwarah dalam membangun solidaritas adalah misscomunication yang terjadi antara staf dengan pemimpin, pemimpin dengan staf, maupun dengan sesama staf, selain itu fasilitas yang kurang memadai untuk digunakan dalam rapat evaluasi menjadi hambatan tersendiri untuk Yayasan Ngawi Al Munawwarah. Keempat, solusi dari pemimpin yayasan untuk meningkatkan solidaritas diantara pemimpin dan staf dengan cara menjaga hubungan baik antar personal dan juga mengadakan kegiatan yang dapat meningkatkan rasa kebersamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Choirul Rofiq
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:23
Last Modified: 27 Nov 2023 01:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26432

Actions (login required)

View Item View Item