..(UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Komunikasi Interpersonal antara Pengasuh dan Penghuni Panti Duafa Lansia Ngasinan Jetis Ponorogo

Saputri, Nindi Lutfiani Dwi (2023) ..(UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Komunikasi Interpersonal antara Pengasuh dan Penghuni Panti Duafa Lansia Ngasinan Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
after sidang upload.docx

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Pengasuh, Penghuni
Komunikasi interpersonal merupakan kegiatan yang dilakukan manusia dalam mengirim dan menerima informasi yang saling memberikan feedback. Didalam panti pengasuh menggunakan komunikasi dalam melayani serta membantu lansia sehari-hari. Komunikasi memiliki teknik khusus untuk mempermudah dan melancarkan komunikasi antara pengasuh dan lanjut usia. Selain itu pengasuh juga memerlukan feedback atau umpan balik dari lansia dalam menanggapi pesan atau informaasi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk komunikasi interpersonal antara pengasuh dan lanjut usia di Panti Duafa Lansia Ngasinan Jetis Ponorogo, untu mengetahui teknik komunikasi pengasuh dengan lanjut usia di Panti Duafa Lansia Ngasinan Jetis Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah koordinator panti (perwakilan ketua panti), pengasuh dan lanjut usia di Panti Duafa Lansia Ngasinan Jetis Ponorogo. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Miles and Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara pengasuh dan lanjut usia terdiri dari bentuk-bentuk, teknik serta feedback (umpan balik) komunikasi. Pertama, bentuk komunikasi interpersonal ada 2 yakni komunikasi verbal yang terjadi secara lisan, meliputi pengasuh sebagai tempat bercerita dan memberikan teguran. Sedangkan komunikasi nonverbal terjadi melalui gestur, meliputi sentuhan yakni dengan membantu lansia mandi, memijit dan menepuk pundak untuk memanggil, ekspresi wajah yang ditunjukan dengan ekspresi marah ketika lansia melakukan kesalahan atau melanggar aturan yang cukup fatal, dan gestur tubuh berupa menggeleng, menganggukkan kepala dan melambaikan tangan. Kedua, teknik komunikasi yang meliputi teknik mendengarkan cerita atau keluhan lansia, memberi respon ketika lansia murung atau sedih, memberi dukungan, observasi (pengamatan), dan ikhlas. Ketiga, feedback komunikasi yakni feedback positif-feedback negatif dan feedback-verbal-feedback nonverbal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:22
Last Modified: 27 Nov 2023 01:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26431

Actions (login required)

View Item View Item