MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK SISWA DI MAN 3 MADIUN

Rineza, Alifya (2023) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK SISWA DI MAN 3 MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190003_ALIFYA RINEZA_MPI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu sumber daya yang penting dan utama dalam menunjang proses peningkatan prestasi non akademik siswa di madrasah. Dengan adanya sarana prasarana yang memadai dapat menunjang kebutuhan dan memberikan daya tarik siswa untuk menumbuhkan motivasi dalam berprestasi. Untuk itu dalam rangka memenuhi kebutuhan sarana prasarana siswa dalam meningkatkan prestasi non akademiknya, MAN 3 Madiun melakukan peningkatan pengelolaan manajemen sarana prasarana yang ditandai
dengan meningkatnya prestasi siswa yang diraih.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di MAN 3 Madiun melalui proses perencanaan, implementasi (pengadaan, pemanfaatan, pemeliharaan), serta evaluasi sarana dan prasarana.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun sumber datanya diperoleh dari informan yang berkaitan langsung dengan pembahasan skripsi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian
teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di MAN 3 Madiun dilakukan dengan menentukan skala prioritas kebutuhan melalui rapat terbatas setiap tahun pada awal tahun pelajaran baru. (2) Implementasi sarana prasarana
untuk peningkatakan prestasi non akademik siswa di MAN 3 Madiun dilakukan dengan cara pengadaan, pemanfaatan, dan pemeliharaan. Pengadaan dilakukan dengan membuat perencanaan sesuai program kerja, menentukan skala prioritas sesuai dengan kebutuhan, mengusulkan proposal pengadaan kepada atasan, dan melakukan pembelian sarana prasarana yang sedang dibutuhkan. Caranya meliputi menyewa, membeli barang, dan hibah dari pemerintah. Dalam pemanfaatannya sudah sesuai dengan prinsip efektivitas dan prinsip efisiensi. Tahapannya yaitu pembuatan jadwal penggunaan dan adanya pengawasan dari guru/pembina. Pemeliharaan sarana dan prasarana dilakukan dengan mengupayakan berbagai fasilitas terpelihara dengan baik dan layak digunakan untuk menunjang prestasi siswa yang dibantu oleh seluruh warga madrasah. Pemeliharaan yang dilakukan berupa pemeliharaan rutinan/sehari-hari dan pemeliharaan berkala seperti 1 minggu sekali. (3) Evaluasi sarana dan prasarana yang dilakukan MAN 3 Madiun adalah menganalisis faktor pendukung dan penghambat manajemen sarana prasarana pada saat rapat tahun ajaran baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Sulton
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:10
Last Modified: 27 Nov 2023 01:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26427

Actions (login required)

View Item View Item