Komunikasi Asertif Pengurus dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren Darussalam Mekar Agung Kebonsari Madiun

Hidayatullah, Anwar (2023) Komunikasi Asertif Pengurus dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren Darussalam Mekar Agung Kebonsari Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
302190073-Anwar Hidayatullah Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi adalah kebutuhan setiap individu. Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Kedisiplinan adalah salah satu nilai yang sangat ditekankan di pondok pesantren Hal ini menjadi tantangan terbesar yang menuntut pengurus dalam mengelola dan memimpin santri untuk mencapai tujuan yang sama. Salah satu tantangan yang harus dihadapi pondok pesantren adalah ketidakdisiplinan. Faktor yang mempengaruhi rendahnya kedisiplinan santri antara lain kurangnya pemahaman santri tentang tata tertib pondok pesantren Komunikasi asertif merupakan salah satu bentuk komunikasi yang dapat membantu meningkatkan kedisiplinan santri di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk Teknik bahasa asertif, menganalisis komunikasi asertif dan kendala pengurus pondok pesantren Darussalam Mekar Agung. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, bentuk Bahasa asertif terbagi menjadi tiga yakni peggunaan Bahasa tubuh, Bahasa “saya”, dan penggunaan fakta. Kedua, komunikasi asertif yang diimplementasikan ada tiga, yaitu bebas mengemukakan pikiran, menerima apa adanya dan komunikasi langsung. Dan kendalanya ialah muncul ketidaknyamanan, rasa menjaga perasaan orang lain dan khawatir kehilangan sesuatu. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa komunikasi asertif dapat membuat pondok pesantren menjadi lingkungan yang nyaman dan aman bagi santri menjalankan aktivitas serta mematuhi peraturan yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:09
Last Modified: 27 Nov 2023 01:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26426

Actions (login required)

View Item View Item