..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSEUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Strategi Pemasaran Untuk Membangun School Branding Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di MTS Negeri 1 Ponorogo)

Nurrachmawati, Anik (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSEUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Strategi Pemasaran Untuk Membangun School Branding Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di MTS Negeri 1 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190004_ANIK NURRACHMAWATI_MPI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstrak
Nurrachmawati, Anik. 2023. Strategi Pemasaran untuk Membangun School
Branding dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan
(Studi Kasus di MTs Negeri 1 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri. Pembimbing: Dian Pratiwi, M.M
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, School Branding, Daya Saing Madrasah
Sekolah merupakan lembaga yang berkaitan langsung dengan masyarakat.
Sekolah harus memiliki branding sendiri karena sangat penting untuk menjadi
kekuatan dan pembeda dari masing-masing sekolah lainnya. Sekolah yang
memiliki branding yang khas nantinya akan dapat menarik peserta didik dan wali
peserta didik, serta masyarakat untuk masuk ke sekolah tersebut. Branding
merupakan upaya yang digunakan dalam memperkenalkan suatu merek. Strategi
membangun branding ini di MTsN 1 Ponorogo dapat terlihat bagaimana
madrasah terus mengupayakan dalam mengembangkan MTsN 1 Ponorogo.
Berdasarkan Uraian diatas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian
dengan tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Perencanaan strategi pemasaran
untuk membangun school branding dalam meningkatkan daya saing lembaga
pendidikan di MTsN 1 Ponorogo. (2) Pelaksanaan strategi pemasaran untuk
membangun school branding dalam meningkatkan daya saing lembaga
pendidikan di MTsN 1 Ponorogo. (3) Implikasi school branding dalam upaya
meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di MTsN 1 Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan metode kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulisan data, penulisan
menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik
pengumpulan datanya. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah
kondensasi, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa (1) Bentuk
perencanaan strategi pemasaran dengan menganalisis dengan metode SWOT
untuk membangun school branding dalam meningkatkan daya saing lembaga
pendidikan, ada beberapa rencana strategi yang digunakan yaitu Internet
Marketing, Point of Purchase (POP), dan Earned Media (2) Pelaksanaan strategi
pemasaran untuk membangun school branding dalam meningkatkan daya saing
lembaga pendidikan yaitu dengan meningkatkan akreditasi sekolah;
meningkatkan kualitas learning output dan learning outcome, seperti prestasi
siswa, guru, sekolah, serta alumni; Membuat jargon, ‘tagline’, slogan yang
menarik kemudian direalisasikan dengan program sekolah; mengembangkan
program unggulan; menyelenggarakan program ekstrakurikuler; meningkatkan
pelayanan pendidik maupun tenaga pendidikan; menjalin kerjasama sekolah
dengan masyarakat, sesama sekolah, maupun instansi lain; meningkatkan nilai
jual sekolah melalui intensitas unggahan setiap even sekolah di media online. (3)
Implikasi school branding dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan
yaitu Citra madrasah semakin meningkat, Kepuasan dan kepercayaan masyarakat
terhadap madrasah meningkat, Peningkatan pada pendaftar calon peserta didik
baru, Semakin luas jangkauan madrasah, Adanya hubungan yang harmonis antara
pelanggan dan madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dian Pratiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:08
Last Modified: 27 Nov 2023 01:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26425

Actions (login required)

View Item View Item