Representasi Kesedihan dalam Film Midsommar (Analisis Semiotika Christian Metz)

Lahut, Roqy Irfaan (2023) Representasi Kesedihan dalam Film Midsommar (Analisis Semiotika Christian Metz). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
1.1 Full Text Skripsi ttd scan Ethesis.pdf

Download (3MB)

Abstract

Film merupakan salah satu media komunikasi masa yang berkembang pesat serta memiliki pengaruh yang besar pada masyarakat. Sebagai media komunkasi film mampu megkomunikasikan berbagai pesan termasuk pesan-pesan emosi yang penting dalam kehidupan manusia. Midsommar merupakan sebuah film yang kental dengan unsur-unsur semiotik, seperti simbol dan gambaran visual yang memberikan kesempatan yang kaya untuk mengungkap bagaimana pesan emosi dihadirkan dan diinterpretasikan oleh penonton. Penelitian ini meneliti dan membahas bagaimana representasi kesedihan dalam film Midsommar berdasarkan analisis semiotika model Christian Metz.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis representasi kesedihan dalam film Midsommar menggunakan kerangka teori semiotika secara sintagmatik dan paradigmatik, serta memahami bagaimana relasi antara aspek sintagmatik dan paradigmatik memengaruhi pemaknaan kesedihan dalam konteks naratif film midsommar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis semiotika model Christian Metz yang diperkuat dengan psikologi kognitif Gastalt.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Rangkaian sintagmatik Metz yang diperkuat oleh insight dalam psikologi gastalt menggungkapkan adegan-adegan kesedihan yang bertujuan untuk menunjukkan kesedihan pada tokoh dalam film kepada penonton berupa sebab kesedihan, tahap penolakan, tahap kemarahan, tahap tawar-menawar, tahap depresi, dan tahap penerimaan. (2) Secara paradigmatik didapatkan representasi kesedihan dalam film Midsommar berupa beruang, warna biru gelap, mural, peristiwa tragis, air mata, ekspresi wajah, api, asap, obat, halusinasi, dan senyuman. (3) Relasi sintagmatik – paradigmatik dalam film Midsommar memberikan pemahaman bahwasanya kesedihan dan tahap kesedihan dalam film Midsommar dapat hadirkan kepada penonton melalui warna biru pada adegan yang ditampilkan, pembakaran mayat di Temple of Hålsingland, visualisasi penyatuan Dani dengan rumput dan penglihatannya yang berkunang-kunang, Kedekatan Dani dengan warga Hårga dan adegan tangisan bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Risko Faristiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:12
Last Modified: 24 Nov 2023 08:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26415

Actions (login required)

View Item View Item