Komunikasi Ustadz dan Ustadzah dalam Memotivasi Minat Belajar Mengaji di TPQ Hj. Zaenab Sampung Ponorogo

Ansori, Bhakti Isya (2023) Komunikasi Ustadz dan Ustadzah dalam Memotivasi Minat Belajar Mengaji di TPQ Hj. Zaenab Sampung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ETHESES_302190076_BHAKTI ISYA ANSORI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ansori, Bhakti Isya. 2023. Komunikasi Ustadz dan Ustadzah Dalam Memotivasi Minat Belajar Mengaji di TPQ Hj. Zaenab Sampung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Iswahyudi, M.Ag.
Kata Kunci: Komunikasi, Motivasi, Minat Belajar, Mengaji
TPQ Hj. Zaenab merupakan lembaga pendidikan Al-Qur’an terbesar di Ponorogo yang memiliki murid terbanyak pula. Dalam proses pembelajarannya menggunakan sistem yang baik sehingga anak-anak semangat dalam belajar mengaji. Hal tersebut tidak luput dari proses komunikasi antara guru dan murid. Dalam meningkatkan motivasi mengaji di TPQ Hj. Zaenab ustadz dan ustadzahnya tidak begitu saja dapat menumbuhkan motivasi dalam mengaji untuk para murid, tentu harus melewati berbagai tahapan atau proses komunikasi, mulai dari awal sampai ke pemutusannya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui model komunikasi ustadz dan ustadzah dalam memotivasi murid belajar mengaji di TPQ Hj. Zaenab Sampung Ponorogo. (2) mendeskripsikan media yang digunakan ustadz dan ustadzah dalam memotivasi murid belajar mengaji di TPQ Hj. Zaenab Sampung Ponorogo. (3) menjelaskan feedback yang diberikan ustadz dan ustadzah dalam memotivasi murid belajar mengaji di TPQ Hj. Zaenab Sampung Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan jenis fenomenologi yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam melakukan pengecekan data menggunakan teknik triagulasi yang diperoleh dari hasil observasi, kemudian dicek dengan wawancara.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) model komunikasi yang digunakan ustadz dan ustadzah untuk membangun motivasi minat belajar mengaji di TPQ Hj. Zaenab Sampung Ponorogo menggunakan model komunikasi transaksional dan interpersonal. (2) media yang digunakan ustadz dan ustadzah untuk membangun motivasi minat belajar mengaji di TPQ Hj. Zaenab Sampung Ponorogo menggunakan media visual berupa alat peraga huruf hijaiyah, video kisah-kisah sejarah Islam dan nyanyian islami atau sholawatan. (3) feedback yang diberikan ustadz dan ustadzah di TPQ Hj. Zaenab Sampung Ponorogo menggunakan beberapa strategi, yaitu memancing apersepsi siswa, memberikan motivasi, menggunakan metode mengajar bervariasi, berdiskusi dan memberikan reward.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:10
Last Modified: 24 Nov 2023 08:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26412

Actions (login required)

View Item View Item