Komunikasi Interpersonal Suami Istri Dalam Mendukung Perkuliahan (Studi Kasus Mahasiswa Yang Sudah Menikah Di Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo)

Mawarnafisa, Chlaronica Grace (2023) Komunikasi Interpersonal Suami Istri Dalam Mendukung Perkuliahan (Studi Kasus Mahasiswa Yang Sudah Menikah Di Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
skripsi buat e thesis (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Mawarnafisa, Chlaronica Grace. 2023, “Komunikasi Interpersonal Suami-Istri Dalam Mendukung Perkuliahan (Studi Kasus Mahasiswa Yang Sudah Menikah di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo) Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Mayrina Eka Prasetyo Budi, M. Psi.

Kata kunci: Komunikasi Interpersonal. Suami- Istri, Perkuliahan

Pernikahan di dalam Islam dianggap sebagai anjuran yang harus dilalui oleh umat muslim, dan menikah dianggap sebagai ibadah terlama yang dilakukan sepanjang hidup bersama pasangan. Pernikahan membutuhkan kesiapan dan tanggung jawab yang besar. Beberapa mahasiswa di Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah yang sudah menikah dan harus menjalani dua peran ganda sebagai mahasiswa dan pasangan berumah tangga. Dalam konteks ini, komunikasi interpersonal menjadi faktor kunci yang memengaruhi hubungan dan perkuliahan mereka.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan studi kasus di Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah. Subjek penelitian ini adalah tiga pasangan, dua diantaranya sudah lulus tepat waktu dan satu pasangan masih aktif dalam perkuliahan dengan baik.Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh mahasiswa yang sudah menikah dengan pasangan mereka dalam mendukung perkuliahan, mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan hambatan dalam komunikasi interpersonal tersebut, serta memberikan pandangan tentang upaya yang diambil untuk mengatasi hambatan komunikasi dalam mendukung perkuliahan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara suami dan istri mahasiswa dalam mendukung perkuliahan berjalan dengan , meskipun terdapat hambatan yakni miskomunikasi dan kurangnya waktu bersama. Faktor pendukung dalam proses komunikasi interpersonal pasangan suami-istri yang masih menjadi mahasiswa yakni nasehat dan reward supaya efektivitas komunikasi berjalan dengan baik. Upaya untuk mengatasi hambatan komunikasi dengan mencegah terjadinya kesalahpahaman dengan berusaha saling memahami dan memberikan waktu yang lebih intens untuk mendukung perkuliahan pasangan mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mayrina Eka Prasetyo Budi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:06
Last Modified: 24 Nov 2023 08:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26408

Actions (login required)

View Item View Item