..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Kesehatan Mental Siswa Korban Perilaku Bullying (Studi Kasus Pada Siswa di SDN 1 Sambilawang Kecamatan Bungkal)

Rahmawati, Isma (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Kesehatan Mental Siswa Korban Perilaku Bullying (Studi Kasus Pada Siswa di SDN 1 Sambilawang Kecamatan Bungkal). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
303190034_ISMA RAHMAWATI_BPI.pdf

Download (673kB)

Abstract

Rahmawati, Isma. 2023. Kesehatan Mental Siswa Korban Perilaku Bullying (Studi Kasus Siswa SDN 1 Sambilawang Kecamatan Bungkal Ponorogo). Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Pembimbing Mayrina Eka Prasetyo Budi, M. Psi.

Kata Kunci: Anak Usia Sekolah Dasar, Bullying, Kesehatan Mental

Sekolah Dasar (SD) merupakan jenjang pendidikan paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia yang memiliki peranan dalam keberlangsungan proses pendidikan selanjutnya. Lingkungan sekolah yang seharusnya menjadi tempat untuk membentuk karakter yang positif, namun kenyataannya terjadi praktek-praktek bullying. Jika perilaku bullying terjadi di lingkungan sekolah secara terus menerus maka, akan berdampak pada kesehatan mental korban seperti kecemasan, trauma, depresi serta penurunan prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk bullying, serta kondisi kesehatan mental siswa korban bullying di SDN 1 Sambilawang Kecamatan Bungkal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitiaannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara, yang melibatkan lima belas informan diantaranya satu kepala sekolah, dua guru, enam siswa korban bullying dan enam siswa pelaku bullying. Teknik pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan mereduksi atau mengkategorisasi data lalu menyajikan data dan menarik kesimpulan. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan temuan, dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi Teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying yang terjadi di SDN 1 Sambilawang berbentuk bullying verbal seperti mengolok-olok, melontarkan kata-kata kasar, menghina, merendahkan, dan mengkritik. Bullying fisik seperti memukul, menjambak, menampar, menjagal, mencubit, dan menendang. Bullying relasional seperti mengucilkan, mengabaikan, dan penghindaran. Perilaku bullying memberikan dampak terhadap kondisi kesehatan mental korban dimana korban mengalami gangguan psikologis ditunjukkan dengan rasa takut, cemas, khawatir, tertekan, marah, rasa tidak aman, sakit hati, bingung dan gelisah. Terhambatnya perkembangan sosial dan emosional ditunjukkan dengan adanya rasa minder, tidak mau bergaul dengan temannya, merasa sendiri, merasa tidak punya teman dan sungkan untuk bergabung dengan teman-temannya. Tumbuh dengan rasa rendah diri dan konsep diri yang rendah ditunjukkan dengan korban sulit mengapresiasi dirinya, sulit beradaptasi serta kurang bisa menerima dan menghargai dirinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mayrina Eka Prasetyo Budi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:02
Last Modified: 24 Nov 2023 08:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26403

Actions (login required)

View Item View Item