STRATEGI PENGGUNAAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Kasus Idh_Sewa Kamera Di Desa Coper Kecamatan Jetis)

Munawaroh, Khafidhotul (2023) STRATEGI PENGGUNAAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Kasus Idh_Sewa Kamera Di Desa Coper Kecamatan Jetis). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Upload-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Khafidhotul Munawaroh. 2023.
Strategi Promosi Penggunaan Facebook Sebagai Media Promosi (Studi Kasus Idh_Sewa Kamera Di Desa Coper Kecamatan Jetis). Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr.Faiq Ainur Rofiq, M.A
Kata Kunci: Strategi AIDA, Facebook, dan Minat Beli
Di era globalisasi kecanggihan teknologi media sosial memudahkan kita berkomunikasi. Seperti Facebook, yang telah memiliki fitur- fitur baru yang berguna untuk membantu para pelaku usaha dalam mempromosikan produk-produk secara lebih mudah dan dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen. Idh Sewa Kamera menjadi salah satu pelaku usaha yang menggunakan Facebook sebagai media promosi untuk menarik minat pelanggan atau pembeli.berdasarkan pada, strategi AIDA dengan media promosi Facebook di Idh Sewa Kamera dijadikan objek penelitian agar diketahui bagaimana merancang strategi promosi dengan media Facebook.
Dalam penelitian ini, peneliti mengajukan dua rumusan masalah yatitu (1) strategi - strategi Idh_Sewa Kamera dalam melakukan promosi dengan media Facebook dan (2) bagaimana efektivitas penggunaan Facebook dalam menarik minat konsumen untuk menggunakan jasa Idh Sewa Kamera. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian melakukan proses pengolahan data dengan menganalisis data lapangan berdasarkan teori yang relevan terkait strategi.
Hasil penelitian ini Idh_Sewa Kamera menunjukkan bahwa Idh_Sewa Kamera menggunakan strategi pemasaran dengan metode AIDA yaitu attention (pehatian), interest (minat), desire (keinginan) dan action (aksi ) Strategi tersebut cukup efektif digunakan untuk memasarkan Idh Sewa Kamera dengan menggunakan media Facebook. Hal ini dibuktikan dengan ada banyaknya konsumen yang akhirnya melakukan tindakan untuk membeli barang atau jasa di Idh Sewa Kamera setelah diterapkan semua tahapan diatas. Media sosial khususnya Facebook cukup efektif dalam membantu dalam proses menarik minat konsumen dan penjualan produk melalui Facebook Idh Sewa Kamera. yang terbilang masih cukup baru dibidangnya. Dibuktikan dengan peningkatan pendapatandari semakin banyaknya pengikut di akun Facebook Idh Sewa Kamera serta adanya konsumen lama yang menyewa kembali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faiq Ainurrofiq
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:00
Last Modified: 24 Nov 2023 08:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26401

Actions (login required)

View Item View Item