KOMUNIKASI PERSUASIF MELALUI PROGRAM STORI RETTY DALAM MENYEBARKAN INFORMASI DI AKUN INSTAGRAM @PEMKOTMADIUN

Fuadah, Shofia Ulfa (2023) KOMUNIKASI PERSUASIF MELALUI PROGRAM STORI RETTY DALAM MENYEBARKAN INFORMASI DI AKUN INSTAGRAM @PEMKOTMADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI SHOFIA ULFA FUADAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Fuadah, Shofia Ulfa . 2023. Komunikasi Persuasif Melalui Program Stori Retty Dalam Menyebarkan Informasi Di Akun Instagram @pemkotmadiun. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Asna Istya Marwantika,M.Kom.I
Kata kunci: Komunikasi Persuasif, Model Komunikasi ,Konten Stori Retty, Instagram @pemkotmadiun.
Di era digital ini, hampir semua orang sudah merasakan hidup di dua dunia. Tentunya dengan bantuan internet dan media sosial. Berbagai macam media sosial menjadi habitat bagi netizen untuk berinteraksi dan berkembang di ranah digital. Instagram @pemkotmadiun merupakan salah satu akun resmi dari pemerintahan kota madiun yang mana akun ini berisi mengenai informasi-informasi yang ada di Kota Madiun. Akun ini dikelola secara langsung oleh DISKOMINFO Kota Madiun yang berinovasi dengan mengunggah informasi dan konten-konten yang dikemas secara menarik untuk dilihat.
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif melalui program stori retty dalam menyebarkan informasi di akun Instagram @Pemkotmadiun. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang mendeskripsikan mengenai komunikasi persuasif akun Instagram @pemkotmadiun dalam menyebarkan informasi melalui program stori retty.
Berdasarkan hasil uji yang dilakukan menunjukan bahwa konten stori retty menggunakan dua model komunikasi yakni strategi content creator yang mana dalam program stori rety ini untuk menyebarkan informasi dan inovasi yang ada di Pemerintah Kota Madiun, kemudian the circular model of some yang mana DISKOMINFO Kota Madiun telah melaksanakan kegiatan menyebarkan informasi melalui media sosial. Menggunakan pesan yang sederrhana dan mudah di mengerti yang bersumber dari OPD terkait. Kemudian, isi konten stori retty di tahun 2022 ada 9 video yang ter upload yang mana salah satu video tembus 43 ribu views, dan di tahun 2023 ada 15 video yang ter upload dengan views paling tinggi 20,4 ribu. Selanjutnya, ruang lingkup dari komunkasi persuasif yakni sumber dalam konten stori retty adalah Retty dan Rere sebagai persuader bertugas menyampaikan informasi dengan penyampaian secara unik, pesan yang digunakan sederhana dan mudah dimengerti. Media yang digunakan adalah Instagram yang mana Instagram @pemkotmadiun ini tidak hanya konten stori retty saja tetapi informasi-informasi lain seputar kegiatan Wali Kota Madiun. Masyarakat sebagai penerima informasi yang disampaikan melalui stori retty yang diharapkan masyarakat bisa memahami topik atau informasi yang disampaikan dengan baik, meningkatkan kesadaran tentang isu-isu tertentu, produk, layanan, maupun masalah sosial, menjadi konten yang informatif sekaligus menghibur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Asna Istya Marwantika
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:50
Last Modified: 24 Nov 2023 07:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26396

Actions (login required)

View Item View Item