Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Pondok Pesantren Pendowo Walisongo Desa Sedah Jenangan Ponorogo

maula, rifqotul muna ngatiyatul (2023) Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Pondok Pesantren Pendowo Walisongo Desa Sedah Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
303190037_Rifqotul Muna Ngatiyatul Maula_BPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Maula, Rifqotul Muna Ngatiyatul, 2023. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Pondok Pesantren Pendowo Walisongo Desa Sedah Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah. Pembimbing Fendi Krisna Rusdiana M.Psi.
Kata Kunci: Pola Asuh, Penyesuaian Diri, Remaja
Penyesuaian diri adalah keberhasilan seseorang untuk menyesuaikan diri dengan orang lain, baik secara umum maupun kelompok. Penyesuaian diri remaja yang terdapat di Pondok Pesantren Pendowo Walisongo yang diamati menunjukkan masalah penyesuaian diri yang disebabkan karena peralihan tempat tinggal. Dimana santri mengalami peralihan tempat tinggal dari rumah menjadi pondok pesantren membuat mereka merasa tidak nyaman, sering menyendiri, pemalu, kurang sopan kepada pengurus, kurang percaya diri, tidak bisa berbaur dengan teman yang lain.
Dari latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pola asuh dengan penyesuaian diri santri di Pondok Pesantren. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif.populasi yang digunakan sebagai sampel berjumlah 100 responden dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan analisis yang digunakan yaitu uji instrument (validitas dan reabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas dan uji homogenitas), uji korelasi sederhana dan uji hipotesis (uji T, uji F dan uji determinasi) untuk menjawab rumusan masalah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara pola asuh (X) dengan penyesuaian diri (Y) yang menghasilkan nilai 0,000 dengan nilai koefisien relasi sebesar 0,563. Kemudian dibuktikan dengan nilai R square yaitu 0,318 atau 31,8 % yang artinya variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 31,8 % dan 68,2 % dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fendi Krisna Rusdiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:49
Last Modified: 24 Nov 2023 07:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26395

Actions (login required)

View Item View Item