TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP JUAL BELI DI MINIMARKET PONDOK PESANTREN AL-IMAN PUTRI BABADAN PONOROGO

Mardhiyah, Rizqi Ummahatul (2023) TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP JUAL BELI DI MINIMARKET PONDOK PESANTREN AL-IMAN PUTRI BABADAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
RIZQI UMMAHATUL MARDHIYAH-102190075-MUAMALAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Terdapat praktik jual beli di Pondok Pesantren Al-Iman Putri, jual beli ini dilakukan di salah satu toko yang ada di Pondok Pesantren yaitu minimarket. Didalam minimarket ini menjual bebagai kebutuhan santriwati, seperti peralatan sekolah, peralatan makan, peralatan mandi, peralatan tidur. Tidak hanya itu minimarket juga menyediakan lauk pauk, makanan dan minuman ringan untuk santri. Minimarket ini buka setiap hari pada pagi hari, siang hari dan sore hari. Tetapi dalam praktiknya jual beli ini tidak mencantumkan label harga pada sebagian barang yang dijualnya. Tetapi dalam prosesnya banyak santri yang mengeluhkan tentang adanya perbedaan harga terhadap barang yang tidak berlabel harga dengan proses pergantian shif di Minimarket Al-Iman Putri Babadan Ponorogo.
Berawal dari latar belakang masalah diatas, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap pergantian shif di minimarket Al-Iman Putri?, (2) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap tidak adanya label harga di minimarket Al-Iman Putri?
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian dilakukan menggunakan data yang ada dilapangan. Pendekatan yang dilakukan peneliti adalah menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang dihasilkan dari data yang tertulis dan lisan dari orang-orang yang terkait. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara dan observais. Dalam analisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif dimana data yang melibatkan pemahaman untuk menghasilkan data yang sempurna dengan kasus yang sesuai dengan judul.
Melalui penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa praktik yang dilakukan di minimarker Al-Iman putri ini melanggar beberapa prinsip etika bisnis Islam yaitu: (1) Analisis pergantian shif di minimarket Al-Iman Putri, melanggar prinsip kesatuan karena, ustadah yang mendapat shif datang terlambat atau tidak datang sama sekali. Melanggar prinsip keadilan karena, pekerjaan yang harusnya dikerjakan oleh 2 atau 3 orang harus dikerjaakn sendirian, hal ini disebabkan karena tidak hadirnya patner shif yang lain. Melanggar prinsip tanggungjawab karena, dalam praktiknya ustadzah yang mendapat shif tidak datang sesuai dengan peraturan yang ada yaitu datang 30 menit sebelum jam buka minimarket untuk membersihkan dan menata barang yang tidak sesuai pada tempatnya. (2) Analisis tentang tidak adanya label harga di minimarket Al-Iman Putri, melanggar prinsip keadilan karena terjadinya perbedaan harga pada barang yang diperjualbelikan kepada konsumen. Melanggar prinsip kebenaran karena pembeli tidak mengetahui harga barang yang tidak terdapat lebal harga sehingga membuat penjual menaikkan atau menetapkan harga yang berbeda pada setiap barang ketika melakukan transaksi pembayaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh.Maksum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:48
Last Modified: 24 Nov 2023 07:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26392

Actions (login required)

View Item View Item