STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN AKUN TIKTOK KUNANS DALAM MENAIKKAN JUMLAH VIEWS

Aldiantoro, Muh.Rigan (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN AKUN TIKTOK KUNANS DALAM MENAIKKAN JUMLAH VIEWS. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Etheses_Muh.Rigan Aldiantoro.pdf

Download (2MB)

Abstract

Akun TikTok Kunans adalah salah satu konten kreator terbesar di
Ponorogo, dengan nama besar yang dimilikinya menjadi kelebihan untuk membuat
konten dan bisa menarik terutama masyarakat Ponorogo. Kendala dari Akun
TikTok Kunans ketika tidak sengaja melanggar panduan komunikat di aplikasi
TikTok dan mempengaruhi algoritma TikTok untuk konten dari Kunans susah
masuk ke beranda aplikasi para pengguna.
Kemudian dari segi penonton atau views adalah faktor yang berpengaruh
untuk kelanjutan sebuah eksistensi akun TikTok. Masalah yang dihadapi akun
TikTok Kunans disini adalah penurunan jumlah views ketika suatu ketika akun
TikTok miliknya pernah diblokir dan berpengaruh darisegi views dan juga aktivitas
dala membuat konten. Di sini tujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan
mengetahui jenis strategi komunikasi pemasaran dan juga aktitvitas komunikasi
pemasaran yang digunakan. Salah satu tantangan yang harus dihadapi akun TikTok
Kunans dalam menjaga nama besar yang sudah dimilikinya. Peneliti menggunakan
metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan, analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini sebagai berikut, Jenis Strategi Komunikasi pemasaran
untuk menaikkan jumlah views yang digunakan akun TikTok Kunans adalah Push
Strategy dan Pull Strategy. Kunans menggunakan jenis strategi Komunikasi
pemasaran push strategy untuk mendorong kinerja para pemeran yang akan
diberikan bonus dengan tambahan gaji disetiap konten yang memiliki views tinggi.
Strategi komunikasi pemasaran yang kedua menggunakan pull strategy untuk
menjaga kualitas konten yang bertujuan agar citra atau image akun TikTok Kunans
selalu terjaga. Aktivitas komunikasi pemasaran akun TikTok Kunans dalam
menaikkan jumlah views, Menggunakan iklan dan juga Public relation. Aktivitas
komunikasi pemasaran yang pertama ada iklan yang digunakan oleh tim Kunans
dalam pemasaran kontennya, platform yang digunakan ada instagram yang bisa
menjangkau secara luas untuk jumlah views yang diinginkan. Dan yang terakhir ada
public relation dari tim Kunans dengan mengadakan giveaway dan juga live
disetiap waktu, dengan menggunakan hal tersebut bisa menambah hubungan antara
Kunans dan juga para viewer

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:46
Last Modified: 24 Nov 2023 07:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26387

Actions (login required)

View Item View Item