Strategi Pemasaran Toko Pupuk Sabar Subur untuk Meningkatkan Penjualan dalam Perspektif Ekonomi Islam

hanira, elfa (2023) Strategi Pemasaran Toko Pupuk Sabar Subur untuk Meningkatkan Penjualan dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN.

[img] Text
401190061_Elfa Hanira e-theses.pdf

Download (933kB)

Abstract

Hanira, Elfa. “Strategi Pemasaran Toko Pupuk Sabar Subur Untuk Meningkatkan Penjualan Dalam Perspektif Ekonomi Islam,” Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Yutisa Tri Cahyani, M.E.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Segmentation, Targeting, Positioning, Differentation.
Tingkat persaingan didalam dunia usaha menuntut setiap pemasaran untuk mampu melaksanakan kegiatan pemasaran dengan lebih efektif dan efisien. Kegiatan pemasaran yang mendasar sesuai dengan kepentingan pemasar dan kebutuhan serta keinginan pelanggan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang dilakukan toko pupuk Sabar Subur Ponorogo dalam meningkatkan penjualan serta tantangan dan hambatannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan melakukan pencarian data secara langsung dengan melihat objek yang diteliti. Jika dilihat dari datanya maka penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif.
Hasil dari penelitian ini yaitu, dalam menjalankan starategi pemasaran Toko Pupuk Sabar Subur menerapkan empat komponen dalam teori startegi pemasaran yaitu segmentasi, targeting, positioning, dan differentation. Namun penerapan strategi pemasaran Toko Pupuk Sabar Subur saat ini belum optimal, sehingga belum mampu meningkatkan penjualan. Adapun tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh toko pupuk Sabar Subur adalah penurunan permintaan dan pembelian produk pupuk akibat dari petani yang memilih mengosongkan lahannya untuk tidak ditanami, munculnya pesaing-pesaing baru yang mampu bersaing, dan harga pupuk yang semakin hari semakin mahal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: yutisa tri cahyani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:42
Last Modified: 24 Nov 2023 07:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26382

Actions (login required)

View Item View Item