..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, TAMBAHKAN MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, PERBAIKI WATERMARK PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Pesan Moral dalam Iklan Sprite Versi Buka Puasa Ramadan Tahun 2022 (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Lathifah, Dian Fitriani (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, TAMBAHKAN MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, PERBAIKI WATERMARK PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Pesan Moral dalam Iklan Sprite Versi Buka Puasa Ramadan Tahun 2022 (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
upload ethese.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dian Fitriani Lathifah, 2023. Pesan Moral Dalam Iklan Sprite Versi Buka Puasa Ramadan Tahun 2022 (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Galih Akbar Prabowo, MA.
Kata Kunci: Semiotika, Roland Barthes, Pesan Moral, Iklan Sprite

Iklan merupakan salah satu media pemasaran yang digunakan oleh perusahaan dalam mengenalkan, menginformasikan, serta menarik minat para konsumen yang dituju untuk dilirik hingga membeli suatu produk. Berbagai iklan telah berkembang dan memiliki keunikannya tersendiri. Salah satu iklan yang unik yaitu iklan minuman ringan Sprite yang diproduksi oleh PT. Coca-Cola Bottling Indonesia yang bersifat ringan sehingga mudah diterima dalam masyarakat, contohnya dalam versi ramadan tahun 2022. Sprite merupakan merk minuman karbonasi rasa lemon lime yang popular dan terkemuka didunia. Iklan tersebut tentunya memiliki sebuah pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini dilakukan guna mengetahui makna denotasi, konotasi, mitos, serta pesan moral dalam iklan Sprite Versi Buka Puasa Ramadan tahun 2022.

Jenis penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes menggunakan penanda serta petanda. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan observasi dan dokumentasi atas iklan Sprite versi buka puasa ramadan tahun 2022. Penelitian ini dilakukan guna menambah wawasan dan pengetahuan akademik maupun umum mengenai perkembangan iklan mengenai tanda-tanda serta pesan moral didalamnya. Serta sedikit kontribusi kepada para pengambil kebijakan mengenai periklanan dan penyikapan terhadap kemajuan zaman.

Hasil dari penelitian ditemukan makna denotasi, konotasi, dan mitos dalam iklan tersebut. Denotasi didalamnya yakni usaha seorang pria yang akan kembali kerumahnya, akan tetapi mengalami masalah pada kendaraannya hingga akhirnya dapat menyelesaikan kendala tersebut. Konotasi pada iklan ini mengenai keselamatan diri, pada sisi lain juga bersifat pantang menyerah dalam berbagai usaha yang dilakukan demi kekeluargaan dan keimanan terhadap Tuhan. Mitos didalam iklan tersebut dapat diibaratkan suatu kehidupan yang tidak lepas dari keselamatan, usaha diri, sosial, yang kemudian semua akan kembali ke Tuhan yang menciptakan. Pesan moral yang terkandung yakni segala bentuk usaha diri secara maksimal dan konsisten meningkatkan peluang untuk mencapai tujuan, sehingga dapat menjaga kekeluargaan serta wujud syukur terhadap Tuhan YME.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:39
Last Modified: 24 Nov 2023 07:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26378

Actions (login required)

View Item View Item