Pengaruh Penerimaan Diri Terhadap Distres Psikologis Mahasiswa Angkatan 2019 Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo

Diana, Nurrohmah (2023) Pengaruh Penerimaan Diri Terhadap Distres Psikologis Mahasiswa Angkatan 2019 Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
PENGARUH PENERIMAAN DIRI TERHADAP DISTRES PSIKOLOGIS MAHASISWA ANGKATAN 2019 BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM FAKULTAS USHULUDDIN.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurrohmah Diana. 2023. Pengaruh Penerimaan Diri Terhadap Distres Psikologis Mahasiswa BPI Angkatan 2019 IAIN Ponorogo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ahmad Faruk, M.Fil.I.
Kata Kunci: Penerimaan Diri, Distres Psikologis.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta tentang keberadaan mahasiswa jurusan BPI Angkatan 2019 Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Ponorogo yang merasa insecure dan tidak menerima dirinya sendiri atau tidak bisa mensyukuri apa yang ada dalam dirinya sendiri, sehingga seringkali hal tersebut memaksa dirinya sendiri untuk menjadi sempurna, dimana hal tersebut berpengaruh terhadap kondisi psikologis seseorang. Sementara penerimaan diri merupakan sikap yang mencerminkan perasaan senang dengan kenyataan dirinya secara obyektif untuk mengakui keberadaan dirinya sehingga memiliki keyakinan dalam menjalani hidup. Sedangkan distres psikologis adalah keadaan emosi tidak menyenangkan dan biasanya muncul dengan gejala depresi dan cemas.. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerimaan diri mahasiswa BPI angkatan 2019 IAIN Ponorogo. (2) Distres psikologis mahasiswa BPI angkatan 2019 IAIN Ponorogo. (3) Pengaruh penerimaan diri terhadap distres psikologis mahasiswa angkatan 2019 BPI IAIN Ponorogo.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data dikumpulan dengan cara penyebaran kuesioner. Data yang terkumpul dianalisa menggunakan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesa: koefisien determinasi (R2), uji stimulan (uji F), dan uji parsial (uji t).
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan (1) Mahasiswa belum memiliki penerimaan diri sepenuhnya, dalam artian mahasiswa masih mengeluh atau insecure terhadap kekurangan yang dimiliki. (2) Penyebab distres psikologis yang dirasakan oleh mahasiswa kebanyakan dipengaruhi oleh tekanan ataupun beban dari tugas-tugas yang diperoleh, ujian, dan masalah pekerjaan untuk kedepannya. kemudian persaingan diantara mahasiswa juga dapat menjadi sumber distres psikologis. (3) Penerimaan diri berpengaruh terhadap distres psikologis karena penerimaan diri mampu membuat mahasiswa/individu merasa berharga, mampu, memberi penghargaan atas usaha yang telah dilakukan, memberi umpan balik mengenai hasil atau prestasi, penghargaan dan kritik yang membangun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Faruk
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:47
Last Modified: 24 Nov 2023 01:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26376

Actions (login required)

View Item View Item