Pengaruh Model Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas III MI Ma’arif Polorejo

Maksumah, Nofia Hidayatul (2023) Pengaruh Model Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas III MI Ma’arif Polorejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Maksumah, Nofia Hidayatul. 2023. Pengaruh Model Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas III MI Ma’arif Polorejo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Sofwan Hadi, M.Si.
Kata kunci: Berpikir logis, Matematika, Numbered Head Together (NHT).
Matematika adalah salah satu ilmu yang sangat penting untuk dipelajari serta dapat mengembangkan cara berpikir. Tujuan pembelajaran matematika yaitu membekali kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerjasama. Dengan demikian, kemampuan berpikir tingkat tinggi salah satunya kemampuan berpikir logis merupakan hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh siswa. Berpikir logis merupakan kemampuan siswa untuk menarik kesimpulan menurut logika dan dapat membuktikan kesimpulan itu benar dan rasional sesuai dengan pengetahuan-pengetahuan sebelumnya yang sudah diketahui. Maka dari itu untuk meningkatkan kemampuan berfikir logis siswa, guru harus menciptakan pembelajaran yang menunjang kepada terciptanya tujuan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan melalui penggunaan metode atau model pembelajaran yang bersifat kooperatif. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) adalah salah satu dari tipe pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan sebagai alternatif.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Numbered Head Together NHT terhadap kemampuan berpikir logis siswa kelas III MI Ma’arif Polorejo.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Pengambilan data dilakukan menggunakan soal uraian (essay) diakhir pembelajaan berupa (post test). Partisipasi penelitian berasal dari peserta didik dan guru kelas III A dan C MI Ma’arif Polorejo. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Uji t independen.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa berdasarkan uji t independent hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol hal ini membuktikan bahwa penerapan model Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir logis peserta didik kelas III MI Ma’arif Polorejo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:41
Last Modified: 24 Nov 2023 01:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26369

Actions (login required)

View Item View Item