..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Strategi Dakwah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Madiun Dalam Membentuk Generasi Muda Yang Profesional Religius

Mufatahatillah, Laisa Taniya (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Strategi Dakwah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Madiun Dalam Membentuk Generasi Muda Yang Profesional Religius. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI LAISA TANIYA MUFATAHATILLAH_302190142 ethesiss iain Ponorogo.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Dakwah, LDII, Generasi Muda, Profesional Religius
Mengamati fenomena yang terjadi dimasyarakat di kalangan generasi muda, yang cenderung berporos pada gaya sosial masyarakat dunia barat. Kecenderungan tersebut berefek mulai acuh tak acuh pada aturan dasar syariat Islam. Maka sebagai organisasi Islam masyarakat, LDII mempunyai program khusus untuk generasi muda supaya terhindar dari pergaulan-pergaulan bebas serta terhindar dari pengaruh negatif. Program LDII Kota Madiun yang dimaksud yakni ingin mengarahkan generasi muda yang memiliki profesional religius dalam dirinya.
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dakwah, pelaksanaan dakwah, dan hasil pelaksanaan program membentuk generasi muda yang profesional religius oleh LDII kepada generasi muda. Lokasi penelitian ini bertempat di Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan dakwah yang dilakukan oleh LDII dalam membentuk generasi muda yang profesional religius dengan menggunakan langkah-langkah perencanaan strategi dakwah yakni, dengan melakukan penetapan metode, pengelolaan isi pesan dakwah, penetapan pelaksanaan dakwah dan mengevaluasi hasil implementasi; pelaksanaan dakwah LDII Kota Madiun dalam membentuk generasi muda yang profesional religius dengan unsur-unsur dakwah yakni, Da’i yakni para ulama’, guru pondok, dan mubaligh dan mubalighah yang telah tersertifikasi dari pondok LDII, Mad’u para generasi muda kota Madiun, khususnya generasi muda LDII, materi dakwah yang digunakan meliputi: masalah akidah, masalah syariah, masalah muamalah, dan masalah akhlaq, media dakwah dengan menggunakan pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas, menggunakan media online seperti Youtube, Instagram, dan media Zoom, serta menggunakan media melalui akhlaq, metode dakwah yang digunakan Bi al-Hikmah; hasil dakwah yang dirasakan generasi muda ialah adanya peningkatan pengetahuan agama, adanya pengembangan keterampilan, adanya integrasi nilai-nilai agama dalam pekerjaan, ikut aktif berpartisipasi dalam pelayanan masyarakat dan mampu mengembangkan sikap positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Irfan Riyadi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:37
Last Modified: 24 Nov 2023 01:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26365

Actions (login required)

View Item View Item