..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..PERAN TEMAN SEBAYA DALAM PENYESUAIAN DIRI SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN AL-HUDA BONGGAH PLOSO NGANJUK

Fahlefi, Charisma (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..PERAN TEMAN SEBAYA DALAM PENYESUAIAN DIRI SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN AL-HUDA BONGGAH PLOSO NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI 2023.doc

Download (2MB)

Abstract

Dewi, Charisma Fahlefi, 2023. Peran Teman Sebaya Dalam Penyesuaian Diri Santri Putri di Pondok Pesantren Al-Huda Bonggah Ploso Nganjuk. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Pembimbing Mayrina Eka Prasetyo Budi, M.Psi.

Kata kunci: peran teman sebaya, penyesuaian diri, pondok pesantren.
Sebagian besar santri menjalani kesulitan dalam penyesuaian diri di Pondok Pesantren Al-Huda Bonggah Ploso Nganjuk. Saat berada di pondok mereka lebih banyak menghabiskan waktu bersama dengan teman sebayanya dari pada anggota keluarga. Hal tersebut membuat teman sebaya menjadi salah satu peran penting untuk membantu santri baru dalam menyesuaikan diri di pondok pesantren. Peran disini memiliki arti tentang tingkah laku apa yang harus dilakukan oleh seseorang terhadap struktur sosial yang ada di masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses penyesuaian diri santri putri di Pondok Pesantren Al-Huda Bonggah Ploso Nganjuk, hasil dari penyesuaian diri santri putri di Pondok Pesantren Al-Huda Bonggah Ploso Nganjuk, dan peran teman sebaya dalam penyesuaian diri santri putri di Pondok Pesantren Al-Huda Bonggah Ploso Nganjuk. Subjek penelitian ini enam santri putri Pondok Pesantren Al-Huda Bonggah Ploso Nganjuk, dengan rincian empat santri adalah perwakilan dari pondok pesantren (terdapat tiga komplek), dan dua santri adalah pengurus putri.
Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa proses yang dilakukan santri untuk menyesuaikan diri di Pondok Pesantren Al-Huda Bonggah Ploso Nganjuk, yaitu sebagian besar santri putri mampu melewati beberapa langkah efektif dalam penyesuaian dirinya di pondok. Hasil penyesuaian diri santri putri menunjukkan bahwa ada beberapa santri yang penyesuaian dirinya positif dan ada santri yang belum bisa melakukan penyesuaian diri dengan baik. Dalam proses menjalani penyesuaian diri santri, peran teman sebaya merupakan hal penting dalam mengajarkan cara berkomunikasi dengan baik, memberikan motivasi untuk terus memperbaiki diri, memunculkan rasa saling tolong menolong.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mayrina Eka Prasetyo Budi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:36
Last Modified: 24 Nov 2023 01:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26363

Actions (login required)

View Item View Item