..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..PROGRAM PAGUYUBAN ANAK PONOROGO DALAM PEMENUHAN HAK ANAK DI KABUPATEN PONOROGO PERSPEKTIF MAQA>S}ID AL-SHARI>’AH

Mustabsiroh, Nisaul (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..PROGRAM PAGUYUBAN ANAK PONOROGO DALAM PEMENUHAN HAK ANAK DI KABUPATEN PONOROGO PERSPEKTIF MAQA>S}ID AL-SHARI>’AH. Masters thesis, IAIN Pnorogo.

[img] Text
NISAUL MUSTABSIROH_503200015_HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Forum anak Paguyuban Anak Ponorogo (PAP) merealisasikan perannya melalui berbagai inovasi program. Akan tetapi realitasnya meskipun terbentuk sejak tahun 2002 masih banyak mengalami kendala baik internal maupun eksternal sehingga berdampak belum optimalnya pemenuhan hak anak pada berbagai bidang yaitu hak sipil dan kebebasan, hak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, hak kesehatan dan kesejahteraan serta hak pendidikan dan pemanfaatan waktu luang. Hal tersebut terlihat pada banyaknya isu permasalahan anak yang terjadi di Kabupaten Ponorogo seperti isu tingginya perokok anak, tingginya angka perkawinan anak, kekerasan anak, dan sebagainya. Hal ini menunjukkan pentingnya memaksimalkan program PAP sebagai mitra pemerintah dalam mendukung pemenuhan hak anak di Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan program Paguyuban Anak Ponorogo (PAP). Penulis menganalisis data penelitian dengan cara mereduksi data, menyajikan data, kemudian menarik kesimpulan dan verifikasi menggunakan pisau analisis efektivitas program dan maqa>s}id al-shari>’ah.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektivitas program forum anak Paguyuban Anak Ponorogo (PAP) dan untuk mengetahui unsur perlindungan atau pemeliharaan dalam kaca mata maqa>s}id al-shari>’ah.dalam upaya pemenuhan hak anak di Kabupaten Ponorogo.
Hasil dari penelitian ini ditinjau dari perspektif efektivitas program bahwa program kegiatan PAP telah berjalan efektif terbukti dari Kabupaten Ponorogo mendapat predikat sebagai Kota Layak selama dua tahun berturut-turut yaitu predikat pratama tahun 2021, madya tahun 2022. Namun dalam proses merealisasikannya masih banyak hambatan yang mengakibatkan belum mencapai output yang maksimal. Selanjutnya, program PAP dalam pemenuhan hak anak telah memenuhi konsep maqa>s}id al-shari>’ah pada setiap kluster hak anak yaitu hak sipil dan kebebasan, hak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, hak kesehatan dan kesejahteraan, hak pendidikan dan pemanfaatan waktu luang telah mengandung unsur pemeliharaan hi>fz an-na>fs, hi>fz al-a>ql, dan hi>fz al-na>sl. Tingkat urgensinya berada pada tingkat tahsiniyah sebab program PAP hanyalah sebagai pendukung daripada program-program utama lain sebagai mitra pemerintah. Meskipun demikian, setelah dianalisis secara mendalam keaktifan dan kefektivitasan program PAP membawa kemaslahatan yang orientasinya berpengaruh terhadap peningkatan Kabupaten Ponorogo untuk menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA).

Kata Kunci: Program, Forum anak, Hak Anak, Maqa>s}id al-Shari>’ah

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:32
Last Modified: 24 Nov 2023 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26361

Actions (login required)

View Item View Item