MODERASI BERAGAMA DALAM FILM BUMI ITU BULAT (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce)

Rahmatika, Agustina (2023) MODERASI BERAGAMA DALAM FILM BUMI ITU BULAT (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E-THESES AGUSTINA RAHMATIKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam era demokrasi yang terbuka di Indonesia, perbedaan pandangan dan kepentingan yang beragam tersebut dikelola sedemikian rupa sehingga aspirasi semua pihak dapat tersalurkan dengan baik. Pancasila, sebagai ideologi negara, menekankan pentingnya kerukunan antarumat beragama, sebagai negara plural dan multikultural, Indonesia memiliki potensi besar untuk mengalami konflik berlatar agama. Untuk mengatasi potensi konflik tersebut, diperlukan moderasi beragama sebagai kunci penting untuk menciptakan kehidupan keagamaan yang rukun, harmonis, dan damai, serta menekankan pada keseimbangan dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, dan kehidupan bersama secara umum. Moderasi beragama memanggil seluruh elemen masyarakat, termasuk kelompok ekstrem kiri dan kanan, kelompok ultra-konservatif dan liberal, untuk bersama-sama mencari persamaan dan titik temu. Ini menjadi bagian penting dari upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di tengah keragaman sosial, latar belakang pendidikan, dan pemahaman yang beragam. Oleh karena itu, perlu ada media yang dapat mencakup seluruh elemen masyarakat dalam pemahaman moderasi beragama. Film, sebagai media massa, memiliki potensi besar untuk menyebarkan nilai-nilai moderasi beragama melalui simbol dan tanda yang termanifestasikan dalam adegan-adegan film.
Untuk mengetahui tanda, mendeskripsikan obyek, dan mengidentifikasi interpretan yang ditampilkan pada film Bumi Itu Bulat yang merepresentasikan moderasi beragama. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika milik Charles Sanders Pierce yang mendeskripsikan moderasi beragama dalam film Bumi Itu Bulat.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengenai representasi moderasi beragama dalam film Bumi Itu Bulat dengan menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Pierce, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat tanda dengan klasifikasi 3 qualisign, 8 sinsign dan 4. legisign, objek dengan klasifikasi 11 index dan 4 symbol, serta interpretant yang terklasifikasikan menjadi 10 rheme, 4 dicisign dan 1 argument yang merepresentasikan prinsip moderasi beragama tawassuth, tawāzun, tasāmuh, i'tidāl, musāwah, syurā (musyawarah).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:31
Last Modified: 24 Nov 2023 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26360

Actions (login required)

View Item View Item