Analisis Psikologi Keluarga Terhadap Pandangan Remaja Akibat Perceraian Orang Tua Dalam Membangun Keluarga Ideal (Studi Kasus Di Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan)

Nurhana, Binti (2023) Analisis Psikologi Keluarga Terhadap Pandangan Remaja Akibat Perceraian Orang Tua Dalam Membangun Keluarga Ideal (Studi Kasus Di Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
upload ethesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap pasangan menginginkan kebahagian dalam pernikahan. Kehidupan suami istri tidak selamanya berada dalam situasi yang damai dan tenteram. Perceraian dalam rumah tangga merupakan jalan keluar terakhir apabila tidak menemukan jalan keluar lain. Perceraian pada orang tua tidak hanya menyangkut dua belah pihak, yaitu suami dan istri, tetapi juga pada remaja. Perceraian orang tua memiliki dampak psikologis terhadap anak yang telah remaja untuk melangsungkan perkawinan. Pandangan dan pertimbangan remaja akibat perceraian orang tua dapat menjadi tolak ukur seberapa besar pengaruh perceraian orang tua terhadap remaja akibat perceraian orang tua mengenai perkawinan dan pemilihan pasangan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana analisis psikologi keluarga Islam terhadap pandangan remaja akibat perceraian orang tua dalam milihan pasangan hidup di Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan? (2) Bagaimana analisis psikologi keluarga Islam terhadap pertimbangan remaja akibat perceraian orang tua dalam memilih pasangan hidup di Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan empiris. Sedangkan tehnik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan wawancara. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode duktif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa remaja yang orang tuanya bercerai memiliki trauma dalam memilih pasangan hidup. Dalam melawan kecemasan dan ketakutan diperlukan niat yang kuat, dukungan yang kuat dari diri sendiri dan keberanian menghadapi resiko, serta berada pada lingkungan yang baik. Trauma kecemasan dan ketakutan yang terjadi dalam memilih pasangan bisa sembuh dengan tekat dan semangat yang dimiliki pada diri sendiri. Remaja akibat perceraian orang tua di Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan tidak memenuhi semua syarat syarat keluarga harmonis, hanya memenuhi syarat yaitu pasangan yang setia, pengertian, mengerti dan perhatian. Terdapat beberapa faktor yang menjadi pertimbangan remaja akibat perceraian dalam memilih pasangan dengan mempertimbangkan beberapa aspek, dalam psikologi keluarga di bagi beberapa aspek dalam mempertimbangkan pasangan yaitu aspek material, kesepadanan, spiritual dan akhlak. Dari hasil penelitian data-data dan analisis yang terkumpul, kriteria remaja akibat perceraian di Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan yaitu memilih akhlak sebagai pertimbangan utama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Muhsin
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:25
Last Modified: 24 Nov 2023 01:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26355

Actions (login required)

View Item View Item