Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo

Saifudin, Ma'ruf (0010) Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI_MARUF_SAIFUDIN_201190142 sah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum merdeka ialah progam pendidikan yang disediakan oleh sekolah, yang tidak hanya sebatas bidang studi dan kegiatan belajarnya saja, akan tetapi meliputi segala sesuatu yang dapat mempengaruhi perkembangan dan pembentukan pribadi peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan sehingga dapat meningkatkan mutu kehidupannya, yang pelaksanaannya bukan saja di sekolah tetapi juga di luar sekolah. Kurikulum adalah jawaban para perencana dan ahli kurikulum terhadap masalah yang dihadapi bangsa masa kini dan kualitas bangsa masa depan.
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan (1) Mengetahui penerapan kurikulum merdeka MAN 2 Ponorogo (2) Mengetahui dampak penerapan kurikulum merdeka terhadap karakter siswa MAN 2 Ponorogo (3) Mengetahui problematika penerapan kurikulum merdeka terhadap pembentukan karakter pada MAN 2 ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan langkah-langkah: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidik juga memiliki kemerdekaan mengatur setrategi pembelajaran dan memilih model sesuai dengan karakter dan bakat serta kondisi peserta pendidik tanpa ada tekanan dari pihak luar. Untuk menerapkan kurikulum merdeka di MAN 2 Ponorogo diawali dengan di tunjuk dari kementerian Pendidikan Agama untuk penerapan metode kurikulum merdeka selanjutnya kementerian pusat mengadakan workshop yang diikuti guru – guru yang isinya menerangkan poin – poin penerapan kurikulum merdeka selanjutnya kepala mengadakan musyawarah yang diikuti bapak waka kurikulum dan berseta Bapak/Ibu guru yang membahas penerapan kurikulum merdeka di MAN 2, guru di beri tugas dari bapak kepala sekolah untuk menerapkanya dan di bantu bapak waka kurikulum untuk melancarkannya dan kurikulum saat ini di terapkan dikelas X dan juga akan bertahap ke kelas XI dan XII

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dian Pratiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:23
Last Modified: 24 Nov 2023 01:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26352

Actions (login required)

View Item View Item