STRATEGI KOMUNIKASI MASYARAKAT RELAWAN INDONESIA (MRI) KABUPATEN PONOROGO DALAM SOSIALISASI PENANGGULANGAN BENCANA DI KABUPATEN PONOROGO

Alyacoub, Muhammad Naufal (2023) STRATEGI KOMUNIKASI MASYARAKAT RELAWAN INDONESIA (MRI) KABUPATEN PONOROGO DALAM SOSIALISASI PENANGGULANGAN BENCANA DI KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
YUDISIUM JACOB.pdf

Download (1MB)

Abstract

Naufal Alyacoub, Muhammad, 2023. Strategi Komunikasi Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Ponorogo Dalam Sosialisasi Penanggulangan Bencana di Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Muh. Tasrif, M.Ag.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Penanggulangan Bencana
Kabupaten Ponorogo merupakan daerah rawan bencana, dan bencana yang sering terjadi yakni bencana tanah longsor dan banjir. Hal ini dijelaskan oleh BPBD Kabupaten Ponorogo bahwa sejak tahun 2022 lalu kejadian bencana yang terjadi di Kabupaten Ponorgo sebanyak 173 kasus tanah longsor dan 97 kasus bencana banjir. Salah satu kegiatan untuk meminimalisirkan dampak terjadinya bencana yakni dengan sosialisasi terkait penanggulangan bencana. Bagi sebuah organisasi yang melakukan sosialisasi, strategi komunikasi sangat dibutuhkan dalam proses komunikasi karena untuk mencapai tujuan dibutuhkan langkah-langkah yang sistematis dan terarah agar tujuan dapat tercapai. Peneliti mengambil ini sebagai alasan untuk meneliti bagaimana strategi komunikasi yang terjadi dalam sosialisasi penanggulangan bencana di Masyarakat Relawan Indonesia Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komponen dan tahapan-tahapan strategi komunikasi yang dilakukan oleh Masyarakat Relawan Indonesia Kabupaten Ponorogo dalam sosialisasi penanggulangan bencana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1). Dalam praktik komponen-komponen strategi komunikasi yang dilakukan oleh Masyarakat Relawan Indonesia Kabupaten Ponorogo sudah sesuai dengan teori yang digunakan yakni teori Harold D. Laswell. (2). Pada pelaksanaan sosialisasi penanggulangan bencana, tahapan-tahapan strategi komunikasi yang dilakukan dengan teori Hafield Cangara sudah sesuai dalam melakukan observasi, pelaksanaan, dan evaluasi pada program sosialisasi penanggulangan bencana di Kabupaten Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:20
Last Modified: 24 Nov 2023 01:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26350

Actions (login required)

View Item View Item