Optimalisasi media humas Polres Ponorogo dalam membangun citra Kepolisian

Aji, Muhammad Hasan (2023) Optimalisasi media humas Polres Ponorogo dalam membangun citra Kepolisian. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Muhammad Hasan Aji_302190044_Komunikasi dan Penyiaran Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasan Aji, Muhammad, 2023. Optimalisasi Media Humas Polres Ponorogo Dalam Membangun Citra Kepolisian. Skripsi, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. M.Irfan Riyadi, M.Ag.
Kata Kunci: Public Relations, Membangun Citra, Media, Polres Ponorogo
Dalam UU No.2 Tahun 2002 pasal 2 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dijelaskan bahwa fungsi Kepolisan adalah salah satu fungsi Pemerintah/Negara di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Sedangkan dalam pasal 13 menjelaskan tentang tugas pokok Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum dan memberi perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Public relations memiliki tugas untuk membangun dan mempertahankan citra positif instansi dihadapan publik. Dalam membangun citra positif suatu instansi dapat dilakukan dengan menanamkan kepercayaan kepada publik yaitu dengan memberikan sosialisasi dan arahan. Penelitian ini membahas optimalisasi media humas Polres Ponorogo dalam membangun citra kepolisian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja yang dilakukan oleh media humas untuk membangun citra di Polres Ponorogo. Penelitian ini menggunakan medote penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1). Media humas Polres Ponorogo menyebarkan informasi menggunakan berbagai macam media sosial yaitu Website, Instagram, Youtube, dan Tiktok. Kemudian dalam mencegah informasi yang menyebabkan citra institusi Kepolisian menjadi buruk di mata masyarakat. Humas Polres Ponorogo melakukan sosialisasi kepada masyarakat, bertujuan menjelaskan informasi yang di publikasikan dapat diterima baik oleh masyarakat. Selain itu, humas Polres Ponorogo juga membangun hubungan baik dengan media. Cetak maupun non cetak.(2). Cara kinerja humas Polres Ponorogo yaitu melakukan pendekatan agar humas bisa mengetahui yang diharapkan masyarakat bisa tercapai. Dengan adanya pendekatan humas dapat berkomunikasi dengan baik kepada masyarakat. (3). Dari hasil citra yang dibangun oleh humas Polres Ponorogo sangat diapresiasi oleh masyarakat, karena humas melakukan kinerja sangat baik untuk masyarakat. Humas mengambil tindakan tegas hal-hal yang mengganggu kententraman masyarakat. Seperti halnya melakukan patroli dan melakukan razia kepada pelaku balap liar. Agar humas Polres Ponorogo dapat meraih sebuah citra positif masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Irfan Riyadi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:15
Last Modified: 24 Nov 2023 06:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26345

Actions (login required)

View Item View Item