Strategi Komunikasi Radio Duta Nusantara FM Ponorogo Dalam Mempertahankan Eksistensinya Di Era Digital

Pratiwi, Wulan Ayu (2023) Strategi Komunikasi Radio Duta Nusantara FM Ponorogo Dalam Mempertahankan Eksistensinya Di Era Digital. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
302190064_WULAN AYU PRATIWI_KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Wulan Ayu, 2023. Strategi Komunikasi Radio Duta Nusantara FM Ponorogo dalam Mempertahankan Eksistensi di Era Digital. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Iswahyudi, M.Ag.
Kata kunci : Strategi Komunikasi, Radio, Eksistensi era digital
Pada saat berkomunikasi, harus membuat strategi komunikasi terlebih dahulu agar pesan yang disampaikan dapat mencapai target komunikasi yang diinginkan. Pesatnya pertumbuhan media online menjadi pesaing berat bagi pemilik dan pengelola stasiun radio. Pengelola stasiun radio dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif menarik minat pendengar agar tidak tersisihkan dan dikalahkan oleh media online. Radio Duta Nusantara FM merupakan salah satu radio tertua di Ponorogo berdiri pada tanggal 11 Mei 1992, dan setelah melalui proses legalisasi badan hukum serta mendapat ijin siaran, Radio Duta Nusantara FM siap mengantar masyarakat Ponorogo menuju upaya pembelajaran yang lebih baik menyajikan hiburan yang selalu mengedepankan unsur kebudayaan. Pada awal tahun 2000-an Radio Duta Nusantara FM sudah berpindah dari jalur AM 1134 menjadi 92.1 Mhz.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) bagaimana upaya PT Radio Duta Nusantara FM mengenal khalayak dalam mempertahankan eksistensi di era digital. (2) bagaimana cara PT Radio Duta Nusantara FM menyusun pesan dalam mempertahankan eksistensi di era digital. (3) bagaimana strategi PT Radio Duta Nusantara FM menerapkan metode dalam mempertahankan eksistensi di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan kualitatif deskriptif. Sumber data utama menggunakan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data yang dipakai melalui wawancara, observasi, dokumentasi serta menggunakan data tambahan yang diperoleh dari studi kepustakaan, dan artikel yang sesuai dengan pembahasan. Sedangkan untuk analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, (1) upaya Radio Duta Nusantara FM mengenal khalayak yaitu dengan mengadakan lomba-lomba, lalu memanfaatkan media sosial, dan mengetahui kondisi khalayak. (2) cara Radio Duta Nusantara FM menyusun pesan pertama mengangkat topik yang sedang trending atau menarik, lalu memanfaatkan program unggulan. (3) strategi untuk menerapkan metode Radio Duta Nusantara FM menggunakan 2 metode yang pertama menurut cara pelaksanaanya menggunakan streaming untuk semua program-programnya, selanjutnya menurut bentuk isinya menggunakan metode persuasive, informatif, dan edukatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:09
Last Modified: 24 Nov 2023 01:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26334

Actions (login required)

View Item View Item