Prinsip-prinsip Komunikasi Dalam Al-Qur'an (telaah penafsiran ayat-ayat komunikasi dalam Al-Qur'an)

ghofur, rafe'i (2023) Prinsip-prinsip Komunikasi Dalam Al-Qur'an (telaah penafsiran ayat-ayat komunikasi dalam Al-Qur'an). UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
skripsi rafei gi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di zaman sekarang banayak orang gagal komunikasi karena tidak memperhatikan prinsip-prinsip komunikasi. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip komunikasi dalam Al-Qur'an sehingga bisa dijadikan pedoman oleh setiap muslim, khusunya dalam berkomunikasi.
Pada penelitian ini, jenis metode yang digunakan adalah kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis yang dapat diamati. Penelitian ini lebih terfokuskan menggunakan Kajian Kepustakaan (Library Research), yaitu penelitian yang objek utamanya buku-buku atau sumber kepustakaannya lainnya. Dengan maksud untuk menemukan sumber data melalui penelitian kepustakaan drai buku, jurnal maupun artikel yang sesuai dengan konteks penelitian. Dalam penelitian ini penulis berpijak pada penafsiran K.H Bisri mustafa dalam memahami isi ayat-ayat yang berkaitan dengan komunikasi. Setelah penulis mendapatkan rujukan yang relevan kemudian data tersebut disusun, dianalisa, sehingga memperoleh kesimpulan.
Ditinjau dari segi sumbernya, kitab tafsir Al-Ibriz menggunakan metode bi al-ra’y, yaitu metode manafsirkan al-Qur’an dengan didasarkan atas sumber ijtihad dan pemikiran mufassir terhadap tuntutan kaidah bahasa Arab dan kesusastraannya serta teori ilmu pengetahuan yang dikuasai. Dalam Al-Qur’an, ditemukan ayat-ayat yang berkaitan dengan prinsip-prinsip komunikasi. Ayat-ayat yang di-maksud terdeteksi melalui penelusuran dalam Kitab Mu’jam al-Mufahras al-Qur’an dengan memperhatikan term "القول" yang bermakna komunikasi. Adapaun prinsip-prinsip komunikasi dalam al-Qur’an yang disebutkan yaitu: Qaul>an sadi>dan yaitu berbicara jujur sesuai dengan fakta yang ada (Q.S Al-Nisa’: 9, dan Q.S Al-Ahzab: 70).Qaul>an ma’ru>fan yaitu berbicara yang baik suatu komunikasi yang dapat dipahami maksudnya (Q.S Al- Nisa’: 5 dan 8, Al-Baqarah: 235, Al-Ahzab: 32), Qaul>an bali>ghan yaitu komunikasi dengan menggunakan bahasa yang efektif (Q.S Al-Nisa’: 63), Qaul>an maysu>ran yaitu komunikasi yang menyenangkan (Q.S Al-Isra’: 28), Qaul>an layyi>nan yaitu komunikasi yang lemah lembut, tidak disertai dengan kalimat atau bahasa yang kasar (Q.S Thaha: 44), Qaul>an kari>man yaitu komunikasi yang didasari etika (Q.S Al-isra’ 23).

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: ahmad munir
Location: IAIN POnorogo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2023 08:54
Last Modified: 23 Nov 2023 08:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26327

Actions (login required)

View Item View Item