Pengaruh NCT Dream Sebagai Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Impulsive Buying Behavior Konsumen Mi Instan Lemonilo

Maulidya, Nufih Wahda (2023) Pengaruh NCT Dream Sebagai Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Impulsive Buying Behavior Konsumen Mi Instan Lemonilo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI NUFIH WAHDA MAULIDYA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Maulidya, Nufih Wahda. 2023. Pengaruh NCT Dream Sebagai Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Impulsive Buying Behavior Konsumen Mi Instan Lemonilo. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah (ES) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Hanik Fitriani, M.E.Sy.
Kata Kunci: Impulsive Buying, Brand Ambassador, Brand Image.
Indonesia merupakan negara dengan tingkat konsumsi mi instan terbanyak ke-dua setelah China. Produk mi instan Lemonilo masuk kategori mahal, hal ini dibuktikan dengan data penjualan mi instan Lemonilo pada Januari tahun 2022 hanya mencapai angka 6,3% dibandingkan dengan produk mi instan lainnya. Adapun setelah menggandeng NCT Dream sebagai brand ambassador, angka penjualan mi instan lemonilo naik hingga 154,9%. Untuk meningkatkan penjualan dan meluaskan pasarnya Lemonilo menarik minat konsumen dengan cara menggandeng NCT Dream sebagai brand ambassador dan menambahkan bonus photocard member dalam kemasan juga undian fansign online sehingga melatarbelakangi penggemarnya melakukan impulsive buying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador terhadap impulsive buying, brand image terhadap impulsive buying, serta brand ambassador dan brand image terhadap impulsive buying.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Peneliti mengangkat sampel dari populasi sebanyak 96 penggemar NCT Dream yang membeli produk mi instan Lemonilo. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, analisi regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi dengan bantuan SPSS versi 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Variabel brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying, 2) Variabel brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying, 3) Variabel brand ambassador dan brand image secara simultan berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying. Nilai koefisien determinasi dari brand ambassaador dan brand image memiliki pengaruh sebesar 41,7% terhadap impulsive buying dan 58,3% dipengaruhi faktor lainnya. Dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel independen dalam model penelitian secara bersama-sama berpengaruh terhadap impulsive buying.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanik Fitriani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2023 08:53
Last Modified: 23 Nov 2023 08:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26324

Actions (login required)

View Item View Item