ANALISIS REGULATORY IMPACT ASSESSMENT TERHADAP DAMPAK BIMBINGAN PERKAWINAN (STUDI DI KECAMATAN GENENG KABUPATEN NGAWI)

LIFANTO, WAGE AGUSTINO (2023) ANALISIS REGULATORY IMPACT ASSESSMENT TERHADAP DAMPAK BIMBINGAN PERKAWINAN (STUDI DI KECAMATAN GENENG KABUPATEN NGAWI). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI 101180226 Wage Agustino Lifanto.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Lifanto, Wage Agustino, 2023. Analisis Regulatory Impact Assessment
Terhadap Dampak Bimbingan Perkawinan (Studi Di Kecamatan GenengKabupaten Ngawi). Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Sesario Aulia M.Kn.
Kata kunci/Keyword: Bimbingan Perkawinan, Regulatory Impact Assessment.
Bimbingan Perkawinan untuk calon pengantin adalah sebuah usaha yang diinisiasi oleh Kementerian Agama berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam No. 379 Tahun 2018. Program ini bertujuan untuk memperkuat persiapan menuju pernikahan dengan fokus pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan pasangan calon pengantin dalam menangani konflik dan menghadapi tantangan yang bersifat universal. Menurut Teori Regulatory Impact Assessment (RIA), peraturan atau kebijakan yang mempunyai nilai manfaat yang tinggi kepada masyarakat secara umum merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan keberhasilan suatu peraturan atau kebijakan. Partisipasi peserta bimbingan dalam memahami materi yang diberikan juga dapat menjadi tolok ukur keberhasilan dari program bimbingan perkawinan untuk calon pengantin di kecamatan Geneng.
Adapun permasalahan yang akan dibahas adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana analisis Regulatory Impact Assesment (RIA) terhadap pelaksanaan bimbingan perkawinan di Kantor Urusan Agama kecamatan Geneng kabupaten Ngawi? 2. Bagaimana analisis Regulatory Impact Assesment (RIA) terhadap pasangan suami istri yang telah mengikuti bimbingan perkawinan di kecamatan Geneng kabupaten Ngawi?
Pendekatan penelitian ini melibatkan studi lapangan di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Geneng kabupaten Ngawi dengan menggunakan metode empiris. Dalam skripsi ini, metode yang digunakan melibatkan wawancara, pengumpulan dokumen, dan proses analisis data untuk kemudian menyimpulkan hasil dari penelitian tersebut.
Kesimpulan mengenai penelitian ini adalah Bimbingan Perkawinan (Bimwin) di kecamatan Geneng kabupaten Ngawi dalam hal pelaksanaannya sudah sesuai dengan kebutuhan pasangan suami istri dan membawa manfaat yang positif. Peran bimwin terhadap pasangan suami istri dalam mencegah tingginya angka perceraian di kecamatan Geneng dapat dikatakan membawa pengaruh positif. Dampak yang dihasilkan yaitu adanya penurunan kasus perceraian dari peserta bimwin serta meningkatnya tingkat keharmonisan rumah tangga dari peserta yang telah mengikuti bimwin. Tanggapan dari peserta bimwin menunjukkan adanya manfaat positif yang didapat dari program bimwin karena materi yang diajarkan sangat bermanfaat dalam kehidupan rumah tangga

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SESARIO AULIA
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2023 08:52
Last Modified: 23 Nov 2023 08:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26323

Actions (login required)

View Item View Item