Implikasi Kebijakan Izin Galian C Di Desa Ngrogung Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo Perspektif Maslahah

Narawardani, Narawardani (2023) Implikasi Kebijakan Izin Galian C Di Desa Ngrogung Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo Perspektif Maslahah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190028_Narawardani_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Narawardani. 2023. Implikasi Kebijakan Izin Galian C Di Desa Ngrogung Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo Perspektif Mas{lah{ah. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Drs. H. M. Muhsin, M.H.

Kata Kunci/Keyword: Galian C, Perizinan. Mas{lah{ah.

Sebagai agama yang memiliki konsep rahmatan lil alami>n Islam selalu mempertimbangankan aspek manfaat dan madharat yang menyentuh kepada umatnya, baik langsung maupun tida langsung. Hal tersebut dapat kita lihat dari kaidah us}u>lliyah, maksudnya menghindari mad}arat harus didahulukan dari pada mencari atau menarik mas}lah}at. Karena pada dasarnya muamalah dalam agama Islam bukanlah suatu ajaran yang kaku, melainkan agama Islam adalah ajaran yang fleksibel dan elastis selama tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan Hadits. Sebagaimana dengan

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kebijakan izin galian C di Desa Ngrogung Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo perspektif mas}lah}ah? (2) Bagaimana implikasi izin kebijakan galian C terhadap masyarakat di Desa Ngrogung Kec. Ngebel Kabupaten Ponorogo perspektif mas}lah}ah?

Adapun penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif, yaitu pembahasan yang dimulai dengan mengemukaan fakta-fakta empiric yang bersifat khusus kemudian ditarik generalisasi yang bersifat umum (penjelasan teoritis).

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemaslhatan tercapai jika yang menerima kemaslahatan tersebut adalah bersifat umum dalam artian benar-benar mendatangkan manfaat bagi manusia dan menghindarkan madharat secara utuh. Dalam kebijakan perizinan tambang galian c di Desa Ngrogung Kecamatan Ngebel dinilai sudah sejalan dengan konsep kemaslhatan karena dengan adanya praktik tambang tersebut mendatangkan manfaat bagi masyarakat disertai dengan kebijakan yang dapat meminimalisir dampak negatifnya. Sedangkan implikasi dari adanya kebijakan izin galian c ini dinilai belum sejalan dengan maslahat karena Ketika dilihat antara praktik di lapangan dengan isi dari peraturan yang telah disepakati kurang sesuai. Misalnya akan dilaksanakan penyiraman untuk sepanjang jalan yang dilalui truk tambang tetapi pada kenyataannya masih belum dilakukan secara rutin dan menyeluruh yag menyebabkan terjadinya polusi udara. Hal ini menyebabkan impilkasi dari perizinan galian c tersebut belum sejalan dengan konsep maslahah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Muhsin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2023 04:45
Last Modified: 23 Nov 2023 04:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26316

Actions (login required)

View Item View Item