Preferensi Konsumen Dalam Pembelian Mie Instan Pada penghuni Kost Di Jenangan

Hidhayah, Fikka Putri (2023) Preferensi Konsumen Dalam Pembelian Mie Instan Pada penghuni Kost Di Jenangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190255_Fikka Putri H_Ekonomi Syariah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hidhayah, Fikka Putri. Preferensi Konsumen dalam Pembelian Mie Instan pada Penghuni Kost di Jenangan Ponorogo. Skripsi, 2023. Jurusan Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Moh. Faizin, M.SE.
Kata kunci: Preferensi, Perilaku Konsumen, Konsumsi Islam.
Preferensi merupakan bentuk dari perilaku konsumsi suatu produk tertentu, dan dipengaruhi melalui berbagai hal. Menurut ekonomi positif murni, aspek-aspek perilaku manusia yang dianalisis bersifat bebas nilai, artinya tidak ada nilai mendasar yang membatasi perilaku. Begitu dengan pemenuhan kebutuhan, dan perolehan kenikmatan tidak dilarang dalam Islam selama tidak menimbulkan kemudharatan.
Tujuan penelitian yang dilakukan ini adalah menganalisis bagaimana preferensi konsumen dalam pembelian produk mie instan tetap memperhatikan etika konsumsi dalam Islam. Melalui pendekatankualitatif dan teknik pengumpulan data secara langsung mewawancarai konsumen, untuk dianalisis secara mendalam tentang perilaku konsumen mie instan. Dengan begitu diperoleh beberapa faktor yang dapat mempengaruhi munculya preferensi konsumen diantaranya faktor internal, demografi, kondisi, faktor eksternal dan marketing mix.
Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa etika konsumsi dalam Islam, masih terinternalisasi pada mayoritas penghuni kost di Jenangan. Preferensi konsumen secara utuh dan sadar menjadi jalan perolehan kenikmatan yang tidak dilarang dalam batasan wajar, selama tidak melibatkan hal yang tidak baik dan merugikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Faizin
Location: kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2023 04:43
Last Modified: 23 Nov 2023 04:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26315

Actions (login required)

View Item View Item